Saturday 27th April 2024

Yayasan Titian Lestari Mengadakan Sosialisasi Masyarakat Hukum Adat di Desa Keranji Mancal.

Keranji mancal,Tangkalnews.com-Yayasan Titian Lestari mengadakan sosialisasi Masyarakat Hukum Adat (MHA) dengan masyarakat Adat Binua Laman Garoh yang di adakan di aula kantor desa keranji mancal kecamatan Sengah temila kabupaten landak.Rabu (6/3/2024).

Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh tim Yayasan Titian lestari,Edy Gustriansyah M.Pd selaku program Manager,Glory Atsen selaku Forest Management,Flora Milenia selaku Community Development,Sanggara Wilka Ully selaku keuangan,Bernadus Bai,S.Th,selaku Sekdes Keranji mancal, Pengurus Adat tingkat desa (Timanggong Adat Binua Laman Garoh),seluruh pengurus adat tingkat dusun (Pasirah) sedesa keranji mancal,B.Aren selaku kasi Pem landak,perangkat desa dan ketua BPD desa Keranji mancal.

Baca juga:Pj. Ketua TP. PKK Kab. Landak Ikuti Gertam Cabai PKK Serentak pada Peringatan HKG-PKK Ke-52 Tahun 2024 Melalui Zoom Meeting

Adapun profil Yayasan Titian lestari ini adalah organisasi masyarakat sipil yang berbasis di pontianak,didirikan pada tahun 1998 oleh sekelompok mahasiswa dari fakultas biologi di Universitas Nasional Jakarta,pada saat pendiriannya,kelompok ini sedang aktif dalam penelitian Sumber daya hayati di Kalimantan barat,membidangi Kegiatan Advokasi,Penelitian,Pelatihan
Sektor Kegiatan,Pelestarian Lingkungan,Agraria,dan Pertanian.

Menurut Edy Gustriansyah selaku program Manager,ia mengatakan,tujuannya utama yayasan titian lestari adalah studi dan pengembangan ilmu hayati fokus pada peningkatan kesadaran dan pemberdayaan masyarakat.

Baca juga:Kodim 1210/Landak_Peresmian Sumur Bor Di Desa Sepangah ,Kecamatan Air Besar,Kabupten Landak

Misi yayasan Titian lestari adalah, mewujudkan pengelolaan Sumber Daya Alam yang bijaksana dan merata untuk menjamin keberlanjutannya secara transparan dan partisipatif.

“Tujuan program,mempasilitasi penyusunan dan pengesahan dokumen rencana kelola masyarakat hukum adat, mendukung kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan,meningkatkan kapasitas kelembagaan bagi MHA dan kapasitas sumber daya manusia bagi local Champion dan melakukan perekrutan local champion untuk membantu dalam proses implementasi proyek di lapangan,”kata Edy Gustriansyah M.Pd,selaku program Manager.

Tambahnya lagi,”Yayasan ini bergerak di Bidang Kegiatan,Advokasi,Penelitian,Pelathan Sektor Kegiatan Pelestarian Lingkungan,Agraria,Pertanian,dan yayasan kami ini bekerja sama dengan kementerian lingkungan hidup,”ujarnya dengan ramah.

“Hasil pertemuan seluruh peserta telah menerima penjelasan terkait dengan deskripsi kegiatan program penguatan kapasitas masyarakat hukum adat dan kelompok usaha perhutanan sosial dan setelah mendengar penjelasan pertimbangan dengan seksama masyarakat hukum adat Binua Laman Garoh desa keranji mancal kecamatan Sengah temila kabupaten landak sangat setuju,”paparannya lagi.

Penulis:Sumianto

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.