Saturday 27th April 2024

Desinfeksi Efektif Cegah Masuknya Virus Yang Menempel Di Benda Mati

 

 

Sengah Temila.Tangkalnews – Babinsa Koramil Sengah Temila bersama perangkat Desa Keranji Paidang melakukan kegiatan penyemprotan desinfektan di seputar rumah warga, warung, rumah ibadah dan sekolah, Minggu (20/6/2021).

Penyemprotan desinfektan salah satu upaya penting dalam mematikan virus yang menempel pada benda dan perabot seperti kursi, meja, gagang pintu, dinding dan lemari. Pada dasarnya desinfektan sama dengan antiseptik, namun penggunaannya lebih diperuntukkan pada benda mati.

Baca juga:Babinsa Koramil Sengah Temila Berkomunikasi Bahas Efek Pandemi Covid 19 di Desa

Saat ditemui, Koptu Suhud Babinsa Koramil Sengah Temila mengatakan, manfaat penyemprotan desinfektan adalah membunuh mikroorganisme pada benda mati dan menghilangkan mikroorganisme pada permukaan benda dengan dosis yg telah ditentukan.

“Penyemprotan disinfektan ini rutin dilakukan setiap dua minggu sekali, oleh Kepala Desa beserta perangkat. Dengan campuran satu tablet desinfektan kedalam satu tanki semprot,”paparnya.

Baca juga:Babinsa Koramil Sengah Temila Beritahu Warga Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Usai Divaksin

Ia menambahkan, upaya sederhana yang bisa dilakukan untuk melawan virus Covid adalah mencuci tangan dengan benar, menggunakan masker, menjaga daya tahan tubuh, menjaga jarak dan isolasi mandiri dan membersihkan rumah serta melakukan desinfeksi secara rutin.

Sementara itu, Kades Keranji Paidang Medi mengatakan, salah satu fungsi Posko PPKM adalah pencegahan. Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M serta pembatasan mobilitas.

“Fungsi pencegahan termasuk penyemprotan desinfektan, yang sangat baik untuk mematikan kuman, bakteri dan virus yang menempel di benda-benda mati. Tangan kita menjadi media masuknya Virus ke dalam tubuh bila tersentuh, lalu masuk ke mata dan mulut karena usapan tangan yang tadinya tidak dicuci dengan sabun atau disemprot handsanitiser. Disinilah efektivitas disinfeksi itu untuk menangkal Virus Corona,” ucap Medi.

Penulis:(Mph1201)

Editor:Sumianto

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.