Saturday 27th April 2024

Danpos Koramil Sengah Temila Dampingi Sekda Landak Monev ke Posko PPKM Mikro Zona Merah

 

 

Landak.Tangkalnews – Sekretaris Daerah Kabupaten Landak Vinsensius mengadakan monitoring dan evaluasi PPKM Mikro Zona Merah di Desa Paloan Kecamatan Sengah Temila. Koramil 1201/Sengah Temila dalam hal pembinaan teritorial wilayah ikut mendampingi kegiatan monev tersebut. Danpos Serma Damianus bersama Babinsa turut hadir dalam kunjungan Sekda orang nomor dua di Kabupaten Landak, Sabtu (31/7/2021).

Dalam hal penanganan PPKM mikro zona merah, aparat lintas sektoral di suatu wilayah berperan penting. Dimana kehadiran Satgas Kecamatan Sengah Temila, Koramil, Polsek dan tenaga medis Puskesmas serta perangkat desa setempat bekerjasama dalam memadamkan zona merah tersebut.

Baca juga:Babinsa Air Besar Pendampingan Penyaluran Bantuan Program Keluarga Harapan

Tugas penanganan dalam PPKM mikro zona merah tertuang dalam SOP 4 Pilar. Dimana tugas Camat dan kepala desa setempat mendata pemetaan wilayah, terkait kasus penyebaran Covid tingkat desa dan rt, menyiapkan tempat isolasi terpusat, pendistribusian obat-obatan dan logistik bagi warga desa yang melaksanakan isolasi mandiri atau terpusat. Selanjutnya tugas Danramil, Kapolsek beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas adalah bersama-sama mengajak tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama membangun disiplin protokol kesehatan, membantu pelaksanaan tracing kontak erat, pendataan kasus dan penegakan aturan yang telah ditetapkan pemerintah daerah. Untuk kepala puskesmas dan bidan desa bertugas memonitor pertambahan kasus positif dan melaksanakan tracing kontak erat, mengklasifikasi hasil tracing kontak erat apakah tanpa gejala (OTG) yang ditindaklanjuti dengan isolasi mandiri ataukah dengan gejala (ODG) yang harus dirujuk ke rumah sakit.

Di aula desa, Danpos Koramil Serma Damianus mengatakan, pihak Koramil senantiasa memonitor perkembangan kasus Covid 19 di wilayah Kecamatan Sengah Temila dan Kecamatan Sebangki. Termasuk dalam hal pendampingan pelaksanaan tracing, vaksinasi sampai dengan pemakaman jenazah terkonfirmasi Covid 19.

Baca juga:Komsos Dengan Warga Desa Babinsa Koramil Mempawah Hulu Himbau Warga Patuhi Prokes

“Kami tergabung dalam Satgas Penanggulangan Covid 19 Kecamatan yang bertugas untuk selalu mendisiplinkan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dan memantau Posko PPKM mikro tingkat desa dan rt dalam mendeteksi dini kasus Covid 19 di wilayah terkecil,” ucap Serma Damianus.

Sementara itu, Kepala Desa Paloan Donianus mengatakan, kedatangan Sekda beserta tim Satgas Kabupaten Landak adalah bentuk kunjungan kerja sekaligus memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan PPKM mikro di desa Paloan.

“Desa Paloan saat ini dalam kondisi zona merah. Untuk itu kami menghimbau kepada warga yang terpapar Covid 19 melakukan disiplin isolasi mandiri kedepan selama 14 hari. Dimana petugas Puskesmas Pahauman ikut memantau bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta diberikan vitamin dan obat-obatan agar mempercepat penyembuhan dan mencegah penyebarannya,” tutur Donianus.

Penulis:(1201-09).

Editor:Sumianto

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.