Saturday 27th April 2024

Cegah DBD,Puskesmas Sidas Melaksanakan Fogging di Rumah Warga Dusun Tangkal

Keranji Mancal.Tangkalnews.com- Puskesmas Sidas kecamatan Sengah temila kabupaten landak melakukan pengasapan (fogging) di rumah warga dusun tangkal Desa Keranji mancal,Sabtu (6/1/2024).

Menurut Ns.Apra Oliva S.Tr.Kep selaku kepala Puskesmas sidas di hubungi media via WhatsApp pribadinya,ia mengatakan,pengasapan atau fogging ini dilakukan untuk mencegah dan memberantas sarang nyamuk aedes aegypti yang merupakan salah satu penyebab penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD).

Baca juga:Ketua DPRD Landak Hadiri Perayaan Natal Oikumene ASN dan PTT Pemerintah Kabupaten Landak

“Terkait kegiatan fogging ini,fogging merupakan rangkaian dari membunuh nyamuk dewasa,yang utama yang harus di lakukan warga adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M yakni,Menguras tempat penampungan air,Menutup tempat penampungan air,Mengubur barang bekas,plus hindari gigitan nyamuk, dengan cara tidur pakai kelambu dan memakai racun nyamuk,”kata Ns.Apra Oliva S.Tr.Kep.

(Foto:Kegiatan fogging)

Tambahnya lagi,“Kita kerahkan beberapa petugas dari Puskemas sidas untuk melakukan pengasapan di rumah-rumah warga dan kebun warga yang berindikasi menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah beserta dengan jentiknya,”ujar ibu puskesmas cantik ini.

Baca juga:Polsek Sengah Temila Laksanakan Kegiatan Posyandu Presisi “Polri Peduli Stunting”

Ia juga mengatakan, program pengasapan atau fogging mulai dilakukan di wilayahnya menyusul ditemukannya kasus DBD di Kecamatan Sengah temila.

Hal serupa juga di ungkapkan oleh Anisius A.Md, selaku Kadus dusun Tangkal dan di dampingi oleh Herlina S.Pd selaku anggota BPD desa Keranji mancal,tim puskesmas sidas Bonar. P, AMKL,ia menjelaskan,bahwa pihaknya sangat mendukung program puskesmas sidas dalam melaksanakan pengasapan (Fogging) di rumah warga dusun tangkal,hal ini di maksud agar warga terhindar dari penyebaran DBD.

“kita sangat mendukung puskesmas sidas dalam rangka telah melakukan pencegahan terlebih dahulu yakni fogging di rumah warga,karena penyakit demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang tingkat penyebab kematiannya cukup tinggi, karena itu perlu adanya fogging atau pengasapan secara bertahap,”ujar Anisius saat di dampingi Herlina.

Baca juga:Pj. Bupati Samuel Hadiri Apel Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya dari Presiden RI Kepada ASN Kemenag Landak

Anisius juga menghimbau kepada seluruh warga dusun tangkal desa keranji mancal,agar tetap menjaga kebersihan lingkungan,dan untuk secara rutin mengecek sejumlah bak mandi dan penyimpanan air di wilayahnya, untuk melumpuhkan jentik nyamuk DBD.dan adapun Sumber Dana kegiatan fogging ini yakni dana swadaya masyarakat setempat dan para donatur lain.

“Kami juga mengingatkan masyarakat untuk menguras bak mandi minimal seminggu dua kali, guna mencegah berkembang biaknya jentik nyamuk,” terangnya.

Penulis:Sumianto

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.