Saturday 27th April 2024

Polres Landak Laksanakan Apel Gelar Pasukan Bina Karuna Tahap 2

Ngabang,TangkalNews – Memasuki musim kemarau di beberapa wilayah khususnya Kabupaten Landak, Polres Landak laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kewilayahan Bina Karuna Kapuas-2023 tahap II bertempat di Lapangan Upacara Polres Landak yang dipimpin langsung oleh Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan, S.H S.I.K, M.M selaku inspektur upacara. Kamis (15/06/2023) pagi.

Hadir dalam apel gelar pasukan tersebut Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan, S.H S.I.K, M.M selaku inspektur upacara; Wakil Ketua DPRD Kabupaten Landak, Aris Ismail, S.E; Ketua Pengadilan Ngabang, Intan Panji Nasarani, S.H.,M.H; Kepala Kejaksaan Negeri Landak, Sukamto, S.H., M.H; Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Banda Kolaga, S.H; Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Landak, Herman Masnur, SE., MT; Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, diwakilkan oleh Sekretaris, Marthin; Danramil Ngabang Kapten Arm. B.J Paias, S. Th; Dinas Perkebunan Kabupaten Landak diwakilkan oleh Aswanto, S.P; Para PJU Polres Landak; Personil Polres Landak, Koramil Ngabang; Personil BPBD Kabupaten Landak; Personil Manggala Agni dan Personil Sat Pol PP Kabupaten Landak.

Kapolres Landak dalam amanatnya menyampaikan bahwa Pelaksanaan Operasi Bina Karuna Kapuas Tahap II tahun 2023 ini, rencananya akan berlangsung selama 21 (dua puluh satu) hari, mulai tanggal 15 juni 2023 S.D 05 juli 2023, yang melibatkan sebanyak 892 personel jajaran Polda Kalbar, yang terdiri dari Satgas Preemtif, Preventif, Gakkum dan Banops.

Dengan dilaksanakannya Operasi Bina Karuna Kapuas tahap II semua personel dapat menjalin kolaborasi yang harmonis antar satgas, instansi, mangala agni dan pihak terkait lainnya. memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait karhutla khususnya perusahaan dan masyarakat di lokasi rawan kebakaran, monitoring lokasi hotspot, verifikasI eskalasi kebakaran, segera padamkan api, sehingga kebakaran tidak semakin meluas dan lakukan penegakan hukum guna memberikan efek jera kepada pelaku.

Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla) merupakan masalah yang terus di hadapi oleh Indonesia termasuk Kalimantan Barat permasalahan karhutla ini perlu menjadi perhatian kita bersama, sehingga kita dapat mencegah dan menanggulanginya manakala kebakaran hutan dan lahan terjadi.

Menyikapi hal tersebut Polda Kalbar terus berkomitmen untuk serius dalam menangani masalah karhutla yang ada di Kalimantan Barat dengan mengedepankan prinsip kerja yang Responsif, Partnersip Dan Solutif, sehingga permasalahan terkait kebakaran hutan dan lahan dapat terselesaikan dengan baik.

“sebagai wujud hadir polri ditengah masyarakat, Polri berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam melaksanakan langkah-langkah strategis melakukan pengendalian karhutla, yakni dengan upaya pencegahan, penanggulangan, dan pemulihan; salah satunya melaksanakan Operasi Bina Karuna” pungkas Kapolres.

Sumber Riki

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.