Saturday 27th April 2024

Pj. Bupati Landak Membuka Kegiatan Pengukuhan Dan Rakor FKDM Kabupaten Landak

Landak,TangkalNews – Pj. Bupati Landak Samuel membuka Kegiatan Pengukuhan Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Periode 2022-2025 dan Rapat Koordinasi Pembinaan Kewaspadaan Dini Di Daerah dan Tim Pengawasan Ormas Terpadu dengan mengusung tema “Membangun Kewaspadaan Dini Melalui Koordinasi Yang Terintegrasi” yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Landak. Bertempat di Aula Kecil Kantor Bupati Landak. Selasa (26-07-2022).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BIN Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Forkopimda Kabupaten Landak, para anggota Tim Terpadu Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Landak, para Kepala OPD Kabupaten Landak, dan seluruh undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Landak Samuel menyampaikan untuk menghadapi pengaruh globalisasi, diperlukan upaya meningkatkan wawasan pengetahuan serta memperkokoh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa sehingga tidak mudah terpengaruh oleh dampak negatif duniawi seperti penyalahgunaan narkoba, maupun pergaulan bebas lainnya sebagai akibat dari perkembangan arus globalisasi.

“Maka dari itu sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kita bersama untuk terus menanamkan sikap dan tindakan yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Samuel.

Lebih lanjut, Samuel mengungkapkan bahwa untuk menjamin terciptanya stabilitas keamanan dan ketertiban umum demi terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan di daerah serta mengantisipasi berbagai potensi AGHT (Ancaman, Gangguan, Hambatan, dan Tantangan), telah ditetapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2018 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 46 Tahun 2019 tentang Kewaspadaan Dini Di Daerah yang menyatakan bahwa untuk memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban umum di daerah diperlukan peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat, melalui pembentukan Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah baik di tingkat provinsi, kabupaten, dan kecamatan sampai tingkat desa.

“Pada kesempatan ini, Saya juga menyambut baik dilaksanakannya Rapat Koordinasi Pembinaan Kewaspadaan Dini Di Daerah dan Tim Pengawasan Ormas Terpadu yang dihadiri para peserta baik dari unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Landak, instansi vertikal, yang tergabung dalam Tim Kewaspadaan Dini Masyarakat Kabupaten Landak dan Tim Pengawasan Ormas Terpadu,” tutur Samuel.

Tidak lupa, Samuel menyampaikan atas nama Kabupaten Landak mengucapkan selamat atas pengukuhan para pengurus FKDM Kabupaten Landak Periode 2022-2025 dan diharapkan kepada para pengurus yang baru untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik, sesuai ketentuan dan dapat berkontribusi untuk kemajuan dan terwujudnya stabilitas keamanan di Kabupaten Landak.

“Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dalam meningkatkan koordinasi dan sinergisitas serta dapat memperoleh bahan masukan dalam perumusan kebijakan melalui upaya deteksi dini dan cegah dini terhadap berbagai bentuk potensi AGHT demi terciptanya stabilitas dan keamanan yang semakin kondusif di Kabupaten Landak,” tutup Samuel.

Sumber: Diskominfo Kab. Landak 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.