Saturday 27th April 2024

Desa Keranji Mancal Dijadikan Percontohan Pilkades Serentak Tahun 2022

Keranji Mancal,TangkalNews– Dasar pelaksanaan pilkades serentak yaitu peraturan Bupati Landak No 18 tahun 2021 tentang tata cara penyelenggaraan  Pemilihan Kepala Desa, dari 156 desa ada  98 Desa  yang ada di Kabupaten Landak,  melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak  12 September tahun 2022 ini.

Dari 98 Desa tersebut tersebar di 13 Kecamatan yang mengikuti Pilkades serentak, yakni Kecamatan Ngabang ada 4 Desa, Sengah Temila  ada 2 Desa, Jelimpo ada 3 Desa, Mempawah Hulu ada 11 Desa, Mandor ada  13 Desa,Menjalin ada  4 Desa, Sebangki ada 1 Desa,Menyuke ada 15 Desa,Air Besar ada  16 Desa,Kuala Behe ada 11 Desa,Meranti ada  5 Desa, Banyuke Hulu ada 6 Desa,dan Sompak ada  7 Desa.

Terkait hal itu desa Keranji Mancal dijadikan desa percontohan dalam menyelenggarakan pilkades  serentak tahun 2022 dimana saat dilakukan  pencoblosan surat suara  langsung dipantau oleh   Kementerian Dalam Negeri Direktorat Jendral Bina Pemerintahan Desa secara Video  telecompren.

“Di TPS 09 desa Keranji Mancal sebagaimana telah kita ikuti bersama telah  dilakukan Telecompren  antara  Pj. Bupati Landak dan dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri  untuk memantau pelaksanaan Pilkades serentak,”jelas Camat Sengah Temila 

Ericanes juga menjelaskan,dalam pelaksanaan pilkades serentak ini dengan tetap mematuhi prokes covid-19 dimana panitia menyiapkan tempat cuci tangan, Sabun, Masker, Handsanitizer, Pengukur suhu badan dan panitia yg bekerja di TPS menggunakan sarung tangan.

” Walaupun capaian vaksinasi covid-19 di dua desa ini tinggi kita tetap bekerja sama dengan Puskesmas Sidas untuk melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat yang  belum di vaksin pada saat pemilihan kepala desa ini. Sampai saat ini pelaksanaan Pilkades serentak di kecamatan Sengah Temila berjalan dengan aman dan kondusif.

Kami juga berharap kondisi ini dapat terus bertahan hingga sampai pada pelantikan kades terpilih nantinya.Pada kesempatan ini saya juga mengapresiasi tingkat kesadaran warga dalam mempergunakan hak pilihnya. Dan kepada semua PPKD Kecamatan dan PPKD Desa serta semua KPPS dan stakeholder terkait saya ucapkan terimakasih atas kerjasamanya dalam mensukseskan Pilkades serentak di kecamatan Sengah Temila terkhusus pada dua desa yang melaksanakannya,”paparnya.

Selanjutnya  Kapolsek Sengah Temila,IPDA Yulius Kartono menyampaikan setiap personil melakukan pemetaan kerawanan di TPS   dengan melakukan deteksi dini terhadap setiap ancaman yang akan timbul oleh sebab itu optimalisasi Bhabinkamtibmas.

“Kita telah menerjunkan personil kita  ada 9 personil PAM TPS dan 14 personil siaga ditambah 1 perwira pengamat wilayah di Kecamatan  Sengah Temila,”ujar Kapolsek. 

Tambahnya lagi, sekecil apa pun informasi yang berpotensi terhadap gangguan Kamtibmas segera disampaikan kepada pimpinan pada kesempatan pertama,hindari pelanggaran-pelanggaran yang dapat menurunkan citra Polri dan tunjukan sikap dan prilaku yang humanis sebagai anggota Polri,”pungkasnya.

Kemudian Danramil Sengah Temila Pelda Moh. Budianto pihaknya telah mengerahkan 7 personil TNI untuk menjaga rasa aman dan tertip maka  dirinya  berharap pilkades di dua desa ini berjalan aman dan lancar.(Manto)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.