Thursday 25th July 2024

Pj. Bupati Landak Serahkan 375 Unit Alsintan kepada 75 Poktan

Landak,Tangkalnews,com – Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan menyerahkan 375 unit bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa hand sprayer kepada 75 Kelompok Tani di Halaman Dinas PPKP Landak, Rabu (10/07/2024).

Pj. Bupati Landak Dr. Gutmen Nainggolan mengatakan penyerahan bantuan Alsintan ini bertujuan sebagai akselerasi untuk mendukung program perluasan areal tanam (PAT) yang dicanangkan dalam rangka antisipasi darurat pangan di Kabupaten Landak.

“Sehingga mampu memperkuat ketahanan pangan secara mandiri tanpa harus tergantung pada kebijakan impor. Hal ini juga sebagai bukti kesungguhan pemerintah daerah dalam meningkatkan kehidupan petani yang lebih sejahtera,” ungkapnya.

Gutmen menjelaskan bantuan Alsintan (Hand sprayer) yang akan diserahkan merupakan bantuan langsung dari Direktorat Alsintan Kementrian Pertanian Indonesia tahun 2024, untuk kelompok tani yang sudah terdaftar sebagai Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL).

“Hand sprayer yang diserahkan saat ini merupakan Hand spray elektrik. Dengan menggunakan Hand sprayer tersebut diharapkan dapat mendorong sektor pertanian agar semakin maju, mandiri dan modern,” jelasnya.

Dulu penanaman padi dilakukan setahun sekali lanjut Gutmen, namun setelah ada teknologi pertanian modern penanaman padi bisa dilakukan 2-3 kali setahun karena kegiatan pengolahan dan panen dapat dilakukan lebih cepat, sehingga Indeks Pertanaman (IP) juga meningkat.

“Bantuan Alsintan yang diserahkan ini akan menjadi milik kelompok tani dan harus digunakan secara bergantian antar anggota kelompok dan bukan menjadi milik pribadi. Pesan saya, bagi kelompok tani penerima bantuan alsintan agar selalu menjaga dan merawat alsintan yang telah dibagikan,” lanjutnya.

Pj. Bupati menambahkan pada semua kelompok tani agar terus menanam dan menanam padi. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan Perluasan Areal Tanam ini.

“Semoga bantuan ini dapat meningkatkan produksi dan provitas pertanian sehingga berdampak luas bagi kesejahteraan petani di Kabupaten Landak,” harap Gutmen.

(Diskominfo Landak)

Editor:Sumianto 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.