Saturday 27th April 2024

Pemkab Landak Harap Bonsai Bisa Jadi Salah Satu Penggerak Ekonomi Kreatif

Landak,Tangkalnews.com- Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Kabupaten Landak menyelenggarakan pameran dan kontes bonsai lokal se Kalimantan Barat dengan mengangkat tema “Pesona Bonsai Bumi Intan Merajut Seni Melalui Bonsai Menuju Landak Edo” di Halaman Kantor Bupati Landak dari tanggal 25 sampai 29 Oktober 2023.

Pj. Bupati Landak yang diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Anem dalam sambutannya menuturkan sebagai sebuah kesenian yang berasal dari Cina yang kemudian dipopulerkan oleh Jepang, bonsai kian terkenal di seluruh dunia termasuk Indonesia.

“Munculnya komunitas penggemar bonsai yang mampu memberi nilai tinggi pada seni bonsai menjadi sebuah potensi komoditas baru. bonsai selain indah juga bernilai seni tinggi, semakin cantik bonsai dan semakin sering memenangkan kontes, membuat nilai bonsai semakin melambung. Sehingga, bonsai mampu berperan menjadi salah satu penggerak perekonomian dari sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif,” tuturnya.

Lebih jauh Anem menjelaskan bahwa letak geografis Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Landak yang sangat cocok bagi pohon-pohon tropis Indonesia. hal ini menjadi peluang yang besar bagi pembudidaya bonsai dan seniman bonsai Landak dan sekitarnya untuk lebih berkembang. sehingga kesenian bonsai lebih memasyarakat dan mampu menopang ekonomi masyarakat.

“Semua nilai positif dari kegiatan bonsai ini sangat memerlukan kolaborasi dan dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Landak serta pihak swasta,” jelasnya.

Dirinya berharap melalui media pameran dan kontes bonsai diharapkan semakin memicu percepatan perkembangan seni bonsai dan sebagai sarana edukasi tentang seni bonsai di Landak.

“Ini juga yang menjadi harapan kita bersama dan berharap kegiatan ini memiliki banyak nilai-nilai positif dari segala lini masyarakat maupun pemerintah daerah Kabupaten Landak,” harap Staf Ahli.

(Diskominfo Landak)

Editor:Sumianto 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.