Saturday 27th April 2024

Babinsa Koramil Sengah Temila Rutin Cek Kondisi Alsintan Poktan Di Lapangan

 

 

Landak.Tangkalnews- Babinsa Koramil 1201-09/Sengah Temila melakukan pengecekan kondisi alat instalasi pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani (Poktan) Mekar Jaya 3 di Dusun Sebatih Desa Sebatih. Dalam rangka tugas pembinaan Ketahanan Pangan Nasional yang dilakukan Babinsa bersama Petani, Rabu (9/6/2021).

Poktan Mekar Jaya 3 ini sudah lama dibentuk sejak tahun 2009 yang diketuai oleh Yulinus Kiran dengan jumlah anggota sebanyak 27 orang. Memiliki luas lahan tanam 20 hektar. Jenis padi yang ditanam adalah varietas Mekongga dan Serang. Saat ini memiliki dukungan alsintan berupa 2 unit Power Treaser dan 1 unit Handtractor. Mekar Jaya 3 bekerjasama dengan poktan lain dalam operasional alsintannya dengan sistem sewa perhari untuk biaya pemeliharaan dan penggantian suku cadang.

Baca juga:Anggoat Zidam XII/Tanjungpura Melakukan Penyemprotan Disinfektan Diareal Pondok Pesantren

Di Makoramil Sengah Temila Letda Arm Suwandi menjelaskan, TNI AD merupakan instrumen pertahanan negara yang memiliki tanggung jawab menjamin terciptanya dan terpeliharanya ketahanan nasional. Ketahanan nasional tidak terbatas hanya dari aspek militer, namun juga dipengaruhi oleh aspek-aspek kehidupan berbangsa dan bernegara lainnya. Swasembada pangan sebagai salah satu prasyarat ketahanan pangan merupakan faktor penentu tercapainya ketahanan nasional. Berbagai upaya dilakukan TNI AD untuk mewujudkan Swasembada Pangan Tahun 2017.

“Salah satunya dengan pelibatan Babinsa dalam pendampingan dan pengawalan upaya khusus pencapaian swasembada padi, jagung dan kedelai (pajale),” tutur Letda Arm Suwandi.

Baca juga:Warga Wajib Terapkan Gerakan 5 M ,Sebab Pandemi Corona -19 Di Wilayah Kabupaten Sanggau Masih Terjadi

Sementara itu, Kapoktan Mekar Jaya 3 Yulinus Kiran mengatakan, pendampingan Babinsa diperlukan dalam upaya penyuluhan dan pembinaan kemajuan pertanian yang dilakulan bersama petugas penyuluh pertanian.

“Babinsa senantiasa berkoordinasi bersama PPL dan Poktan-poktan untuk mengatasi permasalahan dan kesulitan yang dialami oleh para petani demi kemajuan dan kesejahteraan petani,” ucap Yulinus.

Penulis:(Mph120)

Editor:Sumianto

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.