Saturday 27th April 2024

Babinsa dan Penjaga Makam Pahlawan Sidas, Ingatkan Sejarah Bangsa dan Lahirnya Pancasila

 

 

 

Landak.Tangkalnews – Menghayati makna Pancasila sebagai ideologi negara, pandangan hidup dan dasar negara sudah menjadi kewajiban kita semua sebagai warga negara yang Pancasilais. Dari tingkat pelajar, mahasiswa dan semua lapisan masyarakat wajib mengerti dan paham akan arti pentingnya Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga:Babinsa Koramil Sengah Temila Peduli Warga Yang Abaikan Prokes

Seperti yang dilakukan Serda Supianto Babinsa Koramil 1201-09/Sengah Temila, mengedukasi dan memberikan pemahaman tentang Sejarah Perjuangan Bangsa dan Sejarah Lahirnya Pancasila kepada pemuda-pemudi Desa Sidas binaannya di lokasi Taman Makam Pahlawan Sidas Pak Kasih bersama Bapak Mansur, penjaga makam (kuncen), Sabtu (5/6/2021).

Di Makoramil Sengah Temila, Danramil Letda Arm Suwandi, mengaku bangga dengan kegiatan yang dilakukan anggotanya. Terlebih lagi tentang kegiatan pembinaan sumber daya masyarakat dan pembinaan penghayatan pengamalan Pancasila.

Baca juga:ZIDAM SINERGI DENGAN PT. CIPTA KETAMAR WASARDAS SUMBANG MATERIAL MUSHOLA AS SYIFA KABUPATEN BENGKAYANG

“Serda Supianto diharapkan menjadi contoh bagi rekan-rekan Babinsa lain untuk aktif, tanggap dan peduli akan pembinaan dan pembangunan SDM warga desa binaannya sebagai bagian dari tugas Binter,” ucap Letda Arm Suwandi.

Sementara itu, Mansur, penjaga makam Sidas mengatakan, Babinsa berperan besar dalam mengajarkan pemahaman Ideologi Pancasila karena tidak lepas dari bagian sejarah bangsa yang tidak boleh dilupakan oleh generasi muda sekarang.

“Pancasila tidak boleh digantikan oleh paham dan pandangan lain apapun, sejak lahirnya sampai hari ini dan nanti. Karena Pancasila sudah dirumuskan oleh pendahulu dan pendiri bangsa kita dengan penuh perhitungan dan perjuangan yang besar,” tutur Mansur.

Penulis:(Mph1201 )

Editor:sumianto

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.