Saturday 27th April 2024

Tiga Kabupaten Di Kalbar Akan Laksanakan Ritual Adat Balala

Landak,TangkalNews– Dewan Adat Dayak ,Forum Kerukunan Umat Beragama ,Tokoh agama,Tokoh adat di kabupaten Landak melaksanakan rapat terkait pelaksanaan ritual adat balala atau pantang nagari tahun 2022, dimana rapat tersebut menindaklanjuti kesepakatan hasil Bahaump yang dilaksanakan pada 26 April 2022 pada rangkaian kegiatan Naik Dango ke XXXVII yang dilaksanakan di rumah Radankg Aya’ Ngabang.

Kegiatan rapat yang dilaksanakan di aula Kantor DPRD Landak pada Jum;at (13/5) tersebut juga turut dihadiri Ketua DPRD Landak yang juga Ketua DAD Landak Heri Saman, Ketua Komisi A DPRD Landak, Ketua Komisi C DPRD Landak, dan anggota DPRD Landak, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak, Kesbangpol, DAD se Kabupaten Landak dan sejumlah OKP di Kabupaten Landak.

Ketua DAD Kabupaten Landak Heri Saman mengatakan bahwa pelaksanaan ritual adat Balala akan dilaksanakan di tiga Kabupaten diantaranya Kabupaten Landak, Mempawah dan Kubu Raya. Selain itu dalam pertemuan yang dilaksanakan tersebut juga untuk mendengar sejumlah masukan dari berbagai pihak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Seperti yang sudah kita informasikan bahwa kegiatan Balala ini akan dilaksanakan satu bulan setelah acara Naik Dango, yaitu pada tanggal 27 dan 28 Mei 2022, yang mana pada tanggal 27 jam 18.00 WIB tutup Saka, dan pada tanggal 28 jam 18.00 WIB buka Saka,”ungkap Heri Saman.

Dirinya mengatakan bahwa kegiatan Balala ini merupakan ritual Adat Dayak sesudah masa panen, dan akan memulai kembali aktivitas bahuma/berladang, dengan tujuan untuk membersihkan situasi alam semesta, agar aktivitas pertanian mendapatkan hasil yang maksimal.

“Kita berdoa untuk memohon kepada Jubata agar terhindar dari musibah dan wabah penyakit,” sambungnya.

Heri Saman berharap dengan dilaksanakan kegiatan Balala ini, agar masyarakat bisa saling menghargai, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

“Semoga pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik, kondusif dan saling toleransi, dan semua masyarakat di Kabupaten Landak bisa patuh untuk mengikuti kegiatan ini, tetap menahan diri untuk tidak beraktivitas di luar rumah selama Balala berlangsung,” pungkasnya

Editor:TangkalNews

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.