Saturday 27th April 2024

Staf Ahli Bupati Buka Kegiatan Harmonisasi, Sosialisasi Dan Pembinaan Bunda PAUD Kabupaten/Kota Serta Penyerahan Bantuan Bunda Paud Provinsi Kalimantan Barat

Landak,TangkalNews – Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Ocin mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Landak membuka Kegiatan Harmonisasi, Sosialisasi dan Pembinaan Bunda PAUD Kabupaten/Kota Serta Penyerahan Bantuan Bunda Paud Provinsi Kalimantan Barat, di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak. Kamis (14-07-2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Pokja Bunda Paud Provinsi Kalbar, Bunda Paud Landak, Kadis Dikbud, Kadis PMPD, Sekretaris Distan, Camat Menjalin, Ketua Pokja 4, Pengelola Paud Harapan Bangsa, Pengelola Paud Sule Sangkinang Mayang serta seluruh undangan lainnya.

Dalam sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Landak yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Ocin menyampikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bunda PAUD Kabupaten Landak, Bunda Paud Kecamatan dan Bunda PAUD Desa yang selalu berinovasi, berprestasi dan memberikan peran di daerahnya masing-masing, sehingga kinerja dan kepedulian untuk layanan PAUD yang berkualitas terwujud lebih nyata.

“Semoga apresiasi ini memberikan motivasi kepada semua Bunda PAUD untuk lebih mengoptimalisasi peran dan tugas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang memiliki peran penting dalam meningakatkan serta mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, dan intelektual seorang anak sejak bayi hingga dewasa,” ujar Ocin.

Lebih lanjut, Ocin menyatakan peran Bunda PAUD sangatlah penting dalam proses penanaman karakter unggul dalam proses pendidikan anak usia dini yang bertujuan supaya terus berbekas dan tertanam. Untuk menumbuhkan karakter unggul pada anak, perlu diajarkan dan dibiasakan menjalankan nilai-nilai tertentu; seperti dapat dipercaya, adil, bertanggungjawab, peduli, dan saling menghargai perbedaan serta, dalam batas tertentu, bisa juga diajarkan pendidikan kewarganegaran.

“Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Pembelajaran pada usia dini haruslah menggunakan konsep belajar melalui bermain, belajar sambal berbuat, belajar melalui stimulasi. Selain itu tujuan PAUD yang ingin dicapai adalah mengembangkan pengetahuan dan pemahaman orang tua dan guru serta pihak-pihak yang terkait dengan Pendidikan dan perkembangan anak usia dini,” terang Ocin.

Ocin juga menyampikan bahwa PAUD ini sangat strategis dan tentunya pengembangan sumber daya manusia sudah selayaknya dimulai dari awal bahkan pendidikan itu dimulai sejak dalam kandungan.

“Kemudian diharapkan PAUD ini dapat membantu penurunan angka stunting di Kabupaten Landak dan permasalahan lainnya sehingga membuat masyarakat semakin sejahtera. Hal ini merupakan perjuangan kita bersama agar semua bisa teratasi dengan baik,” tukas Ocin.

Di tempat yang sama, Bunda PAUD Kabupaten Landak Rosalia Samuel menyatakan sebagai penggerak utama pembinaan PAUD di Kabupaten Landak tentu saja memiliki banyak hal yang menjadi tantangan besar.

“Untuk itu besar pula harapan kami dengan adanya kegiatan ini persamaan persepsi terhadap peran Bunda PAUD di seluruh wilayah dapat tercipta sehingga perwujudan dunia Pendidikan anak usia dini yang maju dan unggul dapat diwujudkan,” ujar Rosalia.

Rosalia berpesan kepada seluruh Bunda PAUD atau yang mewakili di setiap kecamatan dan desa Kabupaten Landak bahwa peran bunda PAUD sangatlah penting dalam membangun kualitas generasi anak bangsa di masa mendatang. Selain itu Tumbuh kembang anak membutuhkan stimulasi holistik atau menyeluruh meliputi Pendidikan, kesehatan, gizi, lingkungan, pengasuhan, serta kesejahteraan.

“Untuk itu Saya berharap kepada seluruh Bunda PAUD di setiap kecamatan dan desa di Kabupaten Landak agar siap bersinergi bersama pemerintah, orangtua, masyarakat, dan satuan Pendidikan untuk menciptakan pelayanan PAUD yang berkualitas dan menciptakan tumbuh kembang anak yang sehat, dan cerdas menuju layanan PAUD yang holistik integratif,” tutur Rosalia.

Sumber: Diskominfo Kab. Landak 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.