Saturday 27th April 2024

Sebelum Kegiatan Adat Naik Dango Diselenggarakan Seminar Adat

Menjalin,TangkalNews – Bupati  Karolin Margret Natasa, membuka secara resmi Seminar Naik Dango ke XIII di Gedung Paroki ST Petrus dan Paulus-Menjalin, Kecamatan Menjalin, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (05/05/22).

Adapun tema Seminar diantaranya  “100% Katolik dan 100% Beradat” dengan sub tema “Menata Relasi Antara Gereja Katolik dan Adat Istiadat Dayak Kanayatn” itu dihadiri oleh segenap elemen masyarakat–mulai dari Forkopimcam Menjalin, para pengurus adat, kades dan lembaga masyarakat lainnya.

Sedangkan narasumber yang dihadirkan  diantaranya Cornelis, (Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDIP) dan Wiliam Chang OFM Cap.

Dalam kata sambutannya, Karolin menekankan bahwa adat haruslah selaras dengan agama dan juga bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat adat dayak dalam menghadapi perkembangan global yang sangat cepat.

“Itu artinya penerapan adat harus  berjalan dengan selaras agama ,” terangnya 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Seminar, Herkulanus Yakobus menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan.

“Hanya saja beberapa tahun terakhir tidak terlaksana karena kita sedang dilanda Covid-19. Hari ini adalah seminarnya, akan tetapi pelaksanaan hari H ritual -nya akan dilaksanakan pada hari Minggu (08/05/2022) di ST Paroki Petrus dan Paulus-Menjalin,” ujarnya.

“Jadi kami sebagai panitia berharap agar kegiatan ini dapat berjalan lancar aman dan tentunya sesuai yang kita harapkan,” tambahnya.

Bahwa Naik Dango merupakan upacara adat masyarakat suku Dayak  Kanayatn. Upacara ini ditujukan untuk memajatkan  rasa syukur terhadap Jubata atau Tuhan Yang Masa Kuasa  atas berkah hasil penen padi yang diperoleh untuk tahun ini.

Editor:TangkalNews

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.