Saturday 27th April 2024

Kegiatan Naik Dango Ke-XXXVIII Di Rumah Radakng Aya, Ngabang Pastikan Adanya Hiburan Tak Ganggu Kesakralan Ritual Naik Dango.

Ngabang,TangkalNewsMengenai hiburan dalam bentuk DJ, Ketua Panitia, Hery Mulyadi memastikan agar EO hanya menampilkan DJ yang sesuai dengan kondisi di Kabupaten Landak, serta tetap mematuhi norma-norma kesopanan yang berlaku di masyarakat. 

“Kalau ada yang kurang dan keliru, kami panitia mohon maaf dan mengucapkan terima kasih atas masukannya, serta hal ini akan menjadi pembelajaran untuk kegiatan-kegiatan dikemudian hari,” pungkasnya.

Hery Mulyadi juga memastikan, rangkaian kegiatan Festival Naik Dango yang digelar pada 12 April hingga 24 April 2023 itu dilaksanakan secara terpisah dan tidak akan mengganggu makna ritual Naik Dango yang sesungguhnya.

Kata Hery, alasan dilaksanakannya Festival Naik Dango pun sejatinya hanya untuk membuat suasana yang lebih meriah. Festival itu juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada UMKM dan seniman di Kabupaten Landak, mengingat di tahun-tahun sebelumnya, Naik Dango dilaksanakan secara sederhana karena pandemi Covid-19.

“Tujuan utamanya Naik Dango Festival yang ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat. Supaya dagangan UMKM ini laku, dibuatlah hiburan. Tentu hiburan ini ada pangsa pasarnya masing-masing, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Banyak kegiatan hiburan dan lomba-lomba  yang bersifat modern dan juga tradisional,” jelas Hery, Rabu 19 April 2023.

Adapun konsep Naik Dango kali ini adalah memperluas promosi daerah Kabupaten Landak melalui daya tarik wisata seni dan budaya. Menggerakkan kembali ekonomi pasca pandemi melalu UMKM dan Ekonomi Kreatif, dan sebagai strategi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Landak dari industri kreatif. Terbukti dengan adanya empat komunitas Dayak dari Serawak juga akan meramaikan Naik Dango kali ini.(Tim)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.