Saturday 27th April 2024

Babinsa Koramil 1201-09/Sengah Temila Pelihara Kemampuan Taktis

Landak,Tangkalnews – Sudah menjadi kewajiban bagi seorang prajurit untuk memelihara kemampuannya, baik kemampuan taktis maupun akademis. Seperti halnya para Babinsa Koramil 1201-09/Sengah Temila, mengasah kemampuan menembaknya lewat Latihan Menembak Senjata Ringan, bertempat di Lapangan Tembak Yonzipur 6/Satya Digdaya, Anjungan, bersama Babinsa jajaran Kodim 1201/Mempawah, Senin (28/03/2022).

Kemampuan menembak dilatihkan semenjak seorang prajurit dididik di pendidikan dasar militer. Guna kesiapan dan menjaga kemampuan prajurit disaat negara membutuhkan TNI untuk ditugaskan baik tugas pengamanan dan pertahanan dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini juga dibutuhkan untuk OMSP (operasi militer selain perang) seperti tugas patroli Karhutla dan pendampingan Tamu VVIP dan pejabat negara yang datang ke suatu daerah.

Di tempat terpisah, Danramil Pelda Budiarto mengatakan, dimanapun seorang prajurit bertugas tetap wajib menjaga dan mengasah kemampuan taktisnya, kesampataan jasmani, beladiri dan menembak adalah tiga kemampuan prajurit yang dilatihkan rutin setiap triwulan dalam setahun program Staf Ops Kodim 1201/Mempawah.

“Hal ini guna mendukung tugas pembinaan teritorial seorang Babinsa agar memiliki fisik dan kemampuan prima saat bertugas membina desanya. Agar citra Babinsa di masyarakat nampak sehat, rapi dan berwibawa,” ucap Pelda Budiarto.

Sementara itu, Babinsa Serda Mulyono menambahkan, Babinsa harus menjaga kondisi kesehatannya, dengan tetap berolahraga dan makan makanan bergizi untuk menunjang dinamika tugas di lapangan yang makin kompleks dan beragak seiring dengan kemajuan zaman.

“Babinsa adalah garda terdepan TNI AD dalam menjaga dan memelihara wilayah teritorialnya. Lewat peran Babinsa, masyarakat desa dibina dan dipersiapkan sebagai RAK (ruang alat dan kondisi) JUANG yang tangguh dalam bersama-sama menjaga kedaulatan NKRI,” tutur Serda Mulyono. (1201-09)

Editor:TangkalNews

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.