Saturday 27th April 2024

Polsek Sengah Temila Hadiri Laksanakan Pelantikan KPPS Se-Kecamatan Sengah Temila

Sengah Temila, Tangkalnews.com-Kepolisian Sektor (Polsek) Sengah Temila, Kabupaten Landak, mengikuti dan hadir dalam Pelantikan serentak Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kecamatan Sengah Temila, Kamis (25/01/2024).

Pelantikan KPPS serentak Wilayah Sengah Temila tersebut di bagi menjadi 2 (dua) Zona, Zona 1 (satu) dilaksanakan Halaman Kantor Camat Sengah Temila Dusun Baratus Desa Pahauman Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak, adapun Jumlah KPPS yang di Lantik di Zona 1 sebagai Berikut :
a. KPPS Desa Pahauman 119 Orang
b. KPPS Desa Sidas 133 Orang
c. KPPS Desa Sebatih 113 Orang
d. KPPS Desa Keranji Mancal 91 Orang
e. KPPS Desa Keranji Paidang 133 Orang
f. KPPS Desa Saham 105 Orang
g. KPPS Desa Paloan 154 Orang
Dan selanjutnya untuk Zona 2 (dua) dilaksanakan bertempat di Gereja Persekutuan Pemberitaan Injil Kristus Imanuel Senakin Dusun Senakin Tangah Desa Senakin Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak, adapun Jumlah KPPS yang di Lantik di Zona 2 sebagai Berikut :
a. KPPS Desa Senakin 210 Orang
b. KPPS Desa Aur Sampuk 133 Orang
c. KPPS Desa Andeng 98 Orang
d. KPPS Desa Tonang 112 Orang
e. KPPS Desa Gombang 105 Orang
f. KPPS Desa Rabak 56 Orang
g. KPPS Desa Banying 77 Orang

Dalam Pelantikan KPPS Se-Kecamatan Sengah Temila serentak tersebut dihadiri oleh Ketua PPK Sengah Temila Liem Swie King, S.Pd, M.Pd beserta Komisioner PPK Sengah Temila, Ketua Bawaslucam Sengah Temila Andreas, S.Pd beserta Anggota Bawaslucam Sengah Temila, Camat Sengah Temila Ericanes Panjuga, SH, Kapolsek Sengah Temila Ipda Yulius Kartono, Danramil Sengah Temila atau yang mewakili, Ketua Dewan Adat Dayak Sengah Temila Albinus Indarto, Kepala Desa Pahauman Diano, SH, Kepala Desa Senakin Marius, S. Sos, Ketua PPS Se-Kecamatan Sengah Temila, Rohaniawan Katholik, Kristen, Islam, Budha dan seluruh anggota KPPS yang dilantik.

Dalam sambutannya, Kapolsek Sengah Temila Ipda Yulius Kartono menyampaikan selamat kepada seluruh KPPS yang pada saat ini sudah dilantik dan setelah dilantik ini akan dilanjutkan dengan Bimtek kita berharap kegiatan tersebut diikuti dengan baik kalau pun ada hal-hal yang kurang jelas untuk ditanyakan langsung dan selanjutnya menyampaikan kepada KPPS merupakan ujung tombak penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu). Oleh karena itu, KPPS diharapkan memiliki transparansi, netralitas, tingkat akurasi yang tinggi, dan bertanggung jawab.

“Tugas KPPS dalam pemungutan dan penghitungan suara di TPS adalah mewujudkan kedaulatan pemilih, melayani pemilih dengan hak pilihnya, serta memberikan akses dan layanan kepada pemilih disabilitas,” Ujarnya.

Selanjutnya mengatakan bahwa KPPS harus memahami tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. KPPS juga harus siap bekerja keras dan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait untuk menyukseskan Pemilu 2024.Tetap lakukan koordinasi dan bisa bersinergi dengan Panwaslu baik tingkat Kecamatan maupun tingkat Desa agar selama tahapan pemilu serentak tahun 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Pada kesempatan tersebut, sebanyak 1.645 orang KPPS dari jumlah 2 Zona yang dilantik. Setiap 1 TPS berjumlah 7 orang. Jumlah TPS di Kecamatan Sengah Temila sebanyak 235 TPS yang tersebar di 14 Desa.

“KPPS harus memahami tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. KPPS juga harus siap bekerja keras dan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait untuk menyukseskan Pemilu 2024 dan terakhir jaga Kesehatan,” ungkap Yulius.

Penulis Humas Polsek

Editor:Sumianto 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.