Saturday 27th April 2024

Malam hari, Babinsa Koramil Sengah Temila Awasi Pemakaman Jenazah Covid 19

 

 

Landak.Tangkalnews – Disaat pandemi Covid 19, intensitas tugas Babinsa semakin berat dan kompleks. Tadi malam pada pukul 21.00 wib, Babinsa Koramil 1201-09/Sengah Temila Serma Damianus melakukan pendampingan dan pengawasan pemakaman jenazah terkonfirmasi Covid 19 di dusun Paloan Desa Paloan Kecamatan Sengah Temila, Minggu (1/8/2021).

Disamping tugas pokok Babinsa sebagai aparat pembinaan teritorial, ditambah dengan tugas sebagai Tim Satgas Posko PPKM Desa, pendampingan vaksinasi, Babinsa sebagai tracer sampai pengawasan pemakaman jenazah terkonfirmasi Covid 19. Semua ini membutuhkan moril dan kesehatan yang optimal. Dikarenakan tugas-tugas tersebut diatas, membutuhkan daya tahan tubuh Babinsa yang maksimal agar tidak terpapar Covid 19 serta kembali pulang dengan sehat, agar keluarga di rumah selalu aman dan terlindungi.

Baca juga:Untuk Mencegah Tindakan Kejahatan, Polsek Kuala Behe Lakukan Pengamanan Ibadah Di Gereja

Usai pemakaman, Babinsa Serma Damianus mengatakan, protokol pemakaman jenazah Covid 19 harus benar-benar dilaksanakan dengan tertib dan benar agar tidak ada relawan yang terpapar karena sudah dilindungi dengan alat pelindung diri dan penyemprotan desinfektan sebelum dan sesudah pemakaman.

“Kami Babinsa sebagai pendamping juga harus memakai masker medis lapis dua, penutup kepala dan sarung tangan. Sebelum pulang kami adakan briefing dan pengecekan relawan serta peralatan yang dibawa. Untuk selanjutnya seluruh APD dibakar ditempat sesuai SOP pemakaman demi menjaga keselamatan dan kesehatan bersama” ucap Serma Damianus.

Baca juga:Koramil Air Besar Amankan Ibadah Minggu di Gereja

Sementara itu, Kanit Binmas Polsek Sengah Temila Bripka Rimbun mengatakan, almarhum meninggal di RSUD Sambas tadi siang dengan komorbit asma dan dibawa pulang langsung ke pemakaman umum Desa Paloan karena mengikuti protokol pemakaman jenazah Covid 19.

“Kami berharap tidak ada lagi masyarakat Kecamatan Sengah Temila yang meninggal karena terpapar Covid 19, untuk itu kami menghimbau agar tetap disiplin prokes dan menjaga pola hidup sehat di masa pandemi ini. Minum vitamin, makan buah-buahan dan istirahat dirumah bila sakit,” pungkas Bripka Rimbun.

Penulis:(1201-09)

Editor:Sumianto

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.