Friday 21st June 2024

Personel Kodam XII Tanjungpura Berhasil Menggagalkan Penyelundupan 11 kg Sabu dari Malaysia.

 


Pontianak,Tangkalnews.com- Personel Kodam XII Tanjungpura berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 11 kg sabu dari Malaysia melalui jalur tikus di perbatasan Indonesia Malaysia pada 27 Oktober 2023.

11 Kg sabu itu diamankan dari seorang pria berinisial LR (40) asal Nusa Tenggara Timur yang sehari – harinya berkerja sebagai buruh sawit di perusahaan Malaysia.

Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan mengungkapkan penangkapan ini bermula dari informasi yang pihaknya terima dari masyarakat, bahwa akan ada pengiriman sabu melalui desa Semunying Jaya, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Daris informasi tersebut, tim gabungan dibentuk dan melakukan penyelidikan.

Tim sempat melakukan pengintaian selama dua hari, dan setelah dua hari akhirnya tim mendapatkan hasil , yakni melihat LR yang masuk wilayah Indonesia melalui area sebuah perusahaan sawit yakni PT. Rimbunan Malaysia.

“Saat diperiksa, petugas menemukan 10 paket dalam kemasan plastik berwarna merah dengan berat 11 kg,” ujar Pangdam saat serah terima barang bukti dan tersangka di aula Kodam XII Tanjungpura kepada BNN Kalbar, Sabtu 28 Oktober 2023.

Melalui penangkapan ini, Mayjen TNI Iwan Setiawan berkomitmen terus meningkatkan patroli dan pengawasan di wilayah perbatasan Indonesia – Malaysia.

“Selain itu kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak Malaysia terkait pengawasan di wilayah perbatasan Indonesia Malaysia,” ujarnya.

Pada tahun 2023 ini, Jendra Bintang 2 itu megungkapkan bahwa jajaran Kodam XII telah 13 kali menggagalkan penyelundupan narkoba dari Malaysia, dengan jumlah total mencapai lebih dari 44 kg.

Kemudian, Kepala BNN Kalbar Brigjenpol Sumirat Dwiyanto menyampaikan BNN bersama satgas Interdiksi yang terdiri dari berbagai penegak hukum terus berkomunikasi memberantas narkoba di Kalbar.

“Saya sudah bertemunya langsung dengan kepala polisi narkotika di Malaysia dan Intelegen Kepolisian Malaysia untuk membahas terkait peredaran narkotika di perbatasan, dan kami terus berkerja sama terus dengan TNI, Polri, Bea cukai serta berbagai stakeholder di perbatasan untuk pemberantasan narkotika,” tegasnya. (*)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.