Monday 15th April 2024

Presiden Jokowi Kunjungi Kalbar Di Kelilingi Pasukan Merah.

Pontianak.Tangkalnews-Presiden Joko Widodo tiba di Provinsi Kalimantan Barat untuk melakukan kunjungan kerja pada Selasa,29 November 2022. Setibanya di Bandara Internasional Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Presiden langsung menuju Kota Pontianak. Presiden diagendakan untuk meresmikan Pembukaan Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) dan di sambut Ribuan Elemen masyarakat kalbar.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Barat yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung,Kapolri,Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, dan Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

Pada kunjungannya kali ini, presiden akan mengikuti agenda tunggal dalam rangka Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) atau Temu Akbar Pasukan Merah di Rumah Adat Radakng, Kota Pontianak.

Bahaupm Bide Bahana TBBR ini sendiri merupakan Acara Adat Suku Dayak, yaitu pertemuan Masyarakat Adat Dayak dengan pemimpinnya, yakni Presiden RI.Bahaupm Bide Bahana ini dalam bahasa Dayak Kanayatn adalah pertemuan/perkumpulan besar masyarakat yang bertemu dengan rajanya.

Jadi dalam acara ini mengambil filosofi dan menempatkan Presiden Jokowi sebagai rajanya.
Dari 15.000 orang yang hadir, mereka terdiri dari Pasukan Merah TBBR yang berada di wilayah Kalimantan dan perwakilan dari Sarawak. Lalu masyarakat Suku Dayak dari 20 kota dan kabupaten di Pulau Kalimantan.

Dalam acara ini Presiden Jokowi disambut dengan Tarian Bangkule Rajakng dan menerima laporan dari Pangalangok Jirah atau Panglima Merah Dayak.

Dan Presiden juga akan disematkan rompi dan topi adat.Kemudian akan dilanjutkan dengan seminar kebangsaan yang pada intinya mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) dan pernyataan kesetiaan atau kecintaan terhadap NKRI.

Penulis:Sumianto

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.