Saturday 27th April 2024

Pemkab Landak Gelar Gerakan Pasar Murah HUT Pemda Kab. Landak Ke-24 Tahun

LANDAK, Tangkalnews,Com– Pemerintah Daerah Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Landak menggelar Gerakan Pasar Murah dalam rangka HUT Pemda Kab. Landak Ke-24 Tahun yang dilaksanakan di halaman DPPKP Landak. Jum’at (20/10/2023).

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Pj. Bupati Landak Samuel, SE, M.Si juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (PPKP) Kabupaten Landak beserta jajaran, Pimpinan Wilayah PERUM BULOG Kanwil Kalbar atau yang mewakili, para Kepala OPD, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Landak, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Landak Samuel mengapresiasi Dinas PPKP Kabupaten Landak serta Pimpinan PERUM BULOG Kanwil Kalbar atas inisiasi dan kontribusinya dalam pelaksanaan kegiatan Gerakan Pasar Murah (GPM) tersebut.

“GPM adalah kegiatan penyaluran pangan kepada Masyarakat sebagai respon terhadap harga pangan yang melonjak tinggi terutama beras. Harga beras melambung tinggi karena kondisi el nino atau cuaca ekstrem dimana terjadinya penurunan curah hujan yang menyebabkan kekeringan yang berdampak pada stok gabah yang berkurang sehingga suplai beras juga sedikit yang kemudian menyebabkan kenaikan harga beras,” terang Samuel.

Lebih lanjut Samuel juga menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, khususnya pada saat musim kemarau panjang seperti sekarang ini.

“Menurut informasi dari BMKG, musim hujan tahun 2023/2024 diperkirakan akan terjadi bulan Oktober dan Desember 2023, dan puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2024. Mari kita bersama-sama berdoa semoga kondisi cuaca ekstrem ini segera berakhir sehingga pasokan dan harga beras bisa normal kembali,” ujar Samuel.

Samuel menghimbau warga untuk tidak panik karena pemerintah melalui PERUM BULOG akan selalu menyediakan pangan khususnya beras.

“Saya harap nanti pelaksanaan pasar murah ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kepada masyarakat yang hadir diharapkan untuk mengantri dengan tertib. Beberapa waktu yang lalu kita juga mendapat bantuan dari BULOG yang diserahkan kepada Masyarakat yang kurang mampu. Jadi pemerintah tetap memperhatikan masyarakatnya,” himbau Samuel.

Pj. Bupati Landak itu juga berpesan kepada masyarakat yang memiliki sawah untuk terus menanam padi agar stok pangan/beras kebutuhan keluarga tetap terpenuhi.

“Jadi bapak/ibu yang berprofesi sebagai petani tetap melakukan upaya pertaniannya. Jangan sampai lemah, jangan sampai kendor karena memang itulah kebutuhan kita. Disamping itu, untuk pangan ini kan tidak hanya beras, ada tanaman lain seperti ubi, ketela, jagung, dan lain sebagainya juga yang ada lahan-lahan kosong supaya ditanami sehingga kebutuhan pangan ini bisa kita penuhi sendiri. Ada Dinas Pertanian yang akan membimbing dan membantu bapak/ibu semua,” pungkas Samuel.

Samuel berharap Kabupaten Landak dapat mengendalikan laju inflasi yang mana menyebabkan harga barang semakin naik dengan program dan kegiatan yang dilakukan seperti kegiatan Gerakan Pasar Murah ini.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk turut memperhatikan kebutuhan masyarakat. Saya berharap seluruh masyarakat yang membutuhkan bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah yang disiapkan pemerintah,” tutup Samuel.

(Diskominfo Kab. Landak)

Editor:Sumianto 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.