Tuesday 16th April 2024

Danramil Sengah Temila Berikan Pembekalan Teknis Binter Babinsa

Landak,TangkalNews– Babinsa adalah garda terdepan TNI AD dalam tugas pembinaan teritorial. Guna menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI dari tingkat paling bawah yaitu Desa. Dalam menjaga profesionalisme para Babinsa tersebut, Danramil Sengah Temila Pelda Budiarto memberikan arahan dan pembekalan guna evaluasi kerja setiap bulannya, kegiatan ini dilakukan di ruang dan halaman Makoramil 1201-09/Sengah Temila, Rabu (30/03/2022).

Berdasarkan Peraturan Kepala Staf TNI AD Nomor 19/IV/2008 yang sudah ditetapkan sejak 8 April 2008, seorang Babinsa atau Bintara Pembina Desa memiliki kewajiban untuk melaksanakan seluruh pembinaan teritorial sesuai dengan petunjuk yang diberikan atasan, yaitu Danramil.

Sedangkan dilihat secara pokok, tugas para Babinsa akan meliputi pengumpulan serta pemeliharaan beberapa data yang berhubungan dengan aspek geografi, demografi sampai sosial dan potensi nasional di daerah kerjanya.

Danramil Sengah Temila Pelda Budiarto mengatakan, kegiatan pembekalan dilakukan bersifat teknis sebagai pendalaman ilmu teritorial saat Babinsa berinteraksi langsung dengan warga desa binaannya, memberikan masukan kepada Kepala Desa untuk kemajuan Desa serta mengatasi masalah dan kesulitan di desanya, semuanya dilatihkan intens antar personel Babinsa Koramil Sengah Temila.

“Tiga metode yang diterapkan dalam pembinaan teritorial, Binkomsos, Bintahwil dan Binbhakti TNI harus dipahami dengan benar oleh masing-masing Babinsa dalam rangka pelaksanaan tugas kewilayahan,” kata Pelda Budiarto.

“Saya harapkan para Babinsa dapat memanfaatkan waktu dan kesempatan untuk selalu belajar dan berlatih, sebagai insan teritorial Babinsa harus memiliki pandangan dan wawasan yang luas mengenai Ipoleksosbud, mengerti hukum dan memiliki fisik yang prima dalam kerangka tugas pembinaan desanya,” tambahnya. (1201-09)

Editor:TangkalNews

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.