Friday 19th April 2024

Danramil Sengah Temila Hadiri Forum Pembaruan Anak Bangsa Kabupaten Landak Tahun 2021

 

 

Landak.Tangkalnews – Danramil 1201-09/Sengah Temila Letda Arm Suwandi melaksanakan kegiatan Forum Pembaruan Anak Bangsa Kabupaten Landak Tahun 2021 bersama Forkopimcam bertempat di Aula SMA Negeri 2 Sengah Temila, Senin (9/8/2021).

Forum pembaruan kebangsaan pertama kali dilaksanakan pada tahun 2006 berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006 tentang penyelenggaran pembaruan kebangsaan di daerah. Selanjutnya tugas pelaksanaan ini diserahkan kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di masing-masing daerah dan provinsi. Penyelenggaraan pembauran kebangsaan merupakan proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku dan etnis masing-masing dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga:Babinsa Pantau Proses Penyaluran Bantuan Beras PKH dari Kemensos RI

Usai rapat, Danramil Letda Arm Suwandi mengatakan, dengan tema ‘Melalui Pembauran Memperkuat Karakter Generasi Muda Yang Berakhlak Mulia, Toleransi, Berorientasi Pada Iptek Yang Berdasarkan Pancasila”, anak-anak sekolah peserta rapat diajak untuk bersatu dalam keragaman agama dan etnis dalam memperkokoh persatuan kesatuan menuju dunia pendidikan yang lebih maju.

“Pemuda dan pelajar adalah generasi penerus bangsa bila mereka terpecah belah maka cita-cita bangsa untuk Menuju Indonesia Yang Lebih Maju, tidak akan tercapai. Melalui forum ini perlunya pembekalan ahlak dan pendalaman toleransi kehidupan antar umat beragama serta membentuk sumber daya manusia yang berkualitas kepada para pelajar di Kecamatan Sengah Temila ini,” tutur Letda Arm Suwandi.

Baca juga:Gerakan Sosial,48 Anak Sunatan Massal di Masjid Baiturrahim Sidas.

Sementara itu, Kepala Bidang Ideologi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sujimah, S.Th mengatakan, rapat pembaruan kebangsaan anak bangsa ini rutin dilaksanakan setiap tahun agar maksud dan tujuan dalam program ini tercapai dan dapat dimengerti lebih jauh oleh para siswa sekolah.

“Forum pembaruan kebangsaan anak bangsa penting dilaksanakan untuk mempertahankan nilai-nilai moral ke dalam jiwa anak-anak pelajar di zaman digitalisasi. Ditambah kekhawatiran dengan maraknya peredaran narkoba yang mengancam generasi muda kita. Dengan dasar itu semua, menuntut kita untuk bagaimana caranya para orangtua dan pemimpin sekarang ini mempersiapkan generasi muda kita menjadi generasi yang berahlak mulia, bertoleransi dan berkemajuan sesuai nilai-nilai Pancasila yang dibentengi dengan agama,” ucap Sujimah.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Camat Sengah Temila Ericanes Panjuga, Kapolsek Julianus Van Chanel, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Sengah Temila Dukim, S.Pd.M.Si dan Kepala Bidang Ideologi Kesbangpol Kabupaten Landak Sujimah S.Th. (1201-09)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.