Karolin: Kepala Desa Boleh Gunakan Dana Desa Untuk Pembelian Pembangkit Listrik Tenaga Surya Bagi Dusun Yang Belum Dialiri Oleh PLN

                                                                              Foto : Bupati Landak,dr.Karolin Margret Natasa

 

Karangan, TangkalNews– Dalam rangka pembukaan kegiatan yang diakukan oleh organisasi keagamaan yang digelar  oleh Orang Muda Katholik  (OMK) Camp ke-2 Paroki Santo Yusup Karangan di desa Sebaka kecamatan Mempawah Hulu kabupaten Landak Kalimantan Barat   pada kamis (13/6), Bupati Kabupaten Landak, Karolin Margret Natasa megajak Kepala Desa, perangkat desa dan masyarakat untuk lebih aktif berpartisipasi dalam membangun desanya. Terlebih lagi di zaman sekarang desa bisa berkembang lebih maju dengan diberikannya Dana Desa oleh Pemerintah Pusat dan mengelolanya sendiri sesuai dengan peruntukannya.

“Saya sebagai Bupati tidak bisa memberikan perintah kepada Kepala Desa dalam penggunaan Dana Desa. Tetapi hanya bisa menyarankan kepada Kepala Desa, perangkat desa dan masyarakat untuk dapat memanfaatkan Dana Desa yang sudah diberikan Pemerintah pusat sebaik mungkin agar menjadikan desa di Kabupaten Landak menjadi desa yang mandiri, unggul, sejahtera dan maju,” ujar Bupati.

Lebih lanjut ditegaskan  Karolin , untuk desa di Landak masih banyak infrastruktur desanya yang belum modern. Seperti, masih ada dusun-dusun yang belum dialiri oleh penerangan listrik, jalan dusun masih belum baik, serta masih banyak desa yang belum ada jaringan internet dan telekomunikasi.

“Saya lihat Desa Sabaka tiang listrik sudah mulai masuk dan semoga tidak ada masalah, sehingga masyarakat dapat menikmati aliran listrik. Kita bersyukur bahwa rekomendasi Pemkab Landak bisa didengar oleh pihak PLN. Tetapi masih banyak wilayah kita yang membutuhkan aliran listrik. Untuk itu saya menyarankan kepada Kepala Desa untuk menggunakan Dana Desa dalam mengadakan pembelian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk dusun-dusun yang belum dialiri oleh listrik,” pinta bupati.

Diapun mengingatkan akan terus berusaha membantu  masyarakat Landak untuk terus membangun wilayah-wilayah yang infrastrukturnya masih belum baik dengan menggunakan anggaran kabupaten. Salah satunya di Desa Sabaka Kecamatan Mempawah Hulu akan memperbaiki infrastruktur jalan menuju Desa Sabaka.

”Kita akan memperbaiki ruas jalan menuju Desa Sabaka ini di tahun 2020 sesuai dengan kemampuan daerah agar dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan mobilisasi  dan aktivitas dari desa ke kecamatan. Saya harapkan Kepala Desa dan Camat bisa memberikan usulanya kepada Bupati,” pintanya. ( Humas )

 

 

Print Friendly




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply