Thursday 28th March 2024

Kapolres Landak: Karena Keterbatasan Anggota Maka Pokdakamtibmas Diharapkan Bisa Membantu Polisi Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat

Suasana Pengukuhan Pokdarkamtibmas Resor Landak Masa Bakti 2021-2024

Landak,TangkalNews – Pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdakamtibmas) Bhayangkara Resor Landak masa bakti 2021-2024 resmi dikukuhkan, di ruang BKPM Polres Landak, Rabu (30/03/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Ketua Pokdarkamtibmas Provinsi Kalbar, Perwakilan Polda Kalbar, Staf Ahli Bupati Landak, Kapolres Landak, Ketua DPRD Landak, Perwakilan Kodim 1201, Perwakilan Yon Armed 16 Ngabang, Kepala Rutan Landak, Kepala Pengadilan Negri Ngabang, Perwakilan Kejari Landak, Tokoh Adat, Ormas dan tamu undangan lainnya.

Ketua Pokdarkamtibmas Resor Landak Cahyatanus dalam sambutanya menuturkan bahwa Pokdarkamtibmas ini merupakan organisasi yang dibentuk langsung oleh Polri untuk merangkul masyarakat guna menggaungkan hal-hal yang berkaitan dengan keamanan di masyarakat.

“Ini merupakan tugas yang mulia untuk menjaga ketertiban di lingkungan masing-masing di antaranya tugas menjalin komunikasi dengan tokoh, ormas dan lainya,” tuturnya.

Cahyatanus yang juga anggota DPRD Landak itu menjelaskan program kerja Pokdarkamtibmas ke depan diantaranya akan membentuk pengurus di tingkat sektor agar mempermudah kegiatan monitor informasi hingga ke daerah.

Dirinya juga berpesan agar para pengurus bisa mengemban tugas dengan sebaiknya meski dalam hal ini para anggota tidak digaji karena memang Pokdarkamtibmas ini adalah bersifat sosial.

“Kita boleh berbangga karena dipilih untuk melayani masyarakat, selain itu jangan sampai nanti pengurus yang membuat onar,” pesannya.

Jakius Sinyor selaku Ketua Pokdakamtibmas Provinsi Kalbar menyampaikan bahwa ini merupakan pelantikan ke empat yang telah dilakukannya yaitu Kota Pontianak, Melawi, Sintang dan Landak ini.

Lebih jauh Jakius memaparkan bahwa tugas Pokdarkamtibmas ini adalah sebagai sebagai mitra Polisi, sehingga kepada Ketua supaya membentuk program prioritas seperti pencegahan narkoba, premanisme, intoleran, dan masalah sosial lainnya.

“Saya ingatkan bahwa keamanan ini bukan hanya milik -TNI Polri tapi juga milik semua lapisan masyarakat, apa lagi di tahun 2024 nanti akan ada pemilu, jadi Pokdar ini harus bisa membantu tugas Polri untuk meredam gesekan-gesekan di lingkungan masyarakat,” tegas Jakius.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Landak AKBP Stevy Frits Pattiasina bahwa anggota Polres Landak harus menghadapi wilayah yang luas dengan masyarakat yang banyak namun dengan keterbatasan anggota sehingga dengan adanya Pokdakamtibmas ini nantinya bisa membantu kerja Polisi dalam membina keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing.

“Dengan membina mitra Polri ini adalah salah satu upaya untuk menjaga ketertiban di masyarakat, sehingga peran Pokdarkamtibmas harus bisa memberikan solusi kepada Kepolisian untuk menangani masalah di masyarakat salah satunya yang berkaitan dengan adat,” ujar Kapolres.

Ketua DPRD Landak Heri Saman pada kesempatan itu menyampaikan bahwa menyambut baik dan sangat mendukung program ini, karena situasinya sekarang sudah jaman milenial sehingga masalah semakin beragam.

“Dengan ada program ini bisa membantu Polri menjaga ketertiban di lingkungan masing-masing sehingga Landak bisa aman, anggota Pokdar juga bisa mensosialisasikan kepada masyarakat,” kata Heri Saman.

Terakhir Perwakilan Bupati Staf ahli bidang pemerintahan dan hukum Nikolaus menyampaikan bahwa ini merupakan program yang baik, dan sebagai pemerintah sangat mendukung di mana nantinya bisa membantu menjaga keamanan sehingga pembangunan di Kabupaten Landak bisa berjalan

Sumber:Humas

Editor:TangkalNews

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.