Bupati Landak Tetapkan Jika Banjir Dengan Ketinggian 40 Cm – 100 Cm, Dikategorikan Siaga Bencana




Perintah Bupati ! BPBD Landak Bergerak Cepat Pantau Banjir di Jelimpo
 
Ngabang TangkalNews-Karena terjadinya  hujan lebat  sejak Selasa (25/02) Pkl 19.00 Wib hingga Rabu (26/02)  menyebabkan meluapnya air sungai hingga  rumah warga terendam hal itu terjadi  di desa   Tubang Raeng dan Desa Pawis Hilir, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat karena meluapnya sungai Adong 
 
Terkait hal itu  Tim Reaksi Cepat  , Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Landak yang dibantu aparatur Kecamatan Jelimpo dan desa langsung melakukan pemantauan di beberapa titik terjadinya banjir Selasa (25/02) dengan mendatangi langsung  Dusun Karangan Mas dan Dusun Adong 1, Desa Tubang Raeng serta Dusun Adong 2, Desa Pawis Hilir, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak.
 
Akibat terjadinya banjir ini , aktifitas warga masyarakat menjadi terganggu disebabkan beberapa ruas jalan terendam air dengan arus yang cukup deras hingga  menyebabkan putusnya abudman jembatan di Dusun Karangan Mas, Desa Tubang Raeng. 
 
Tidak ada korban jiwa akibat banjir ini namun jumlah korban terkena dampak banjir ini  di Dusun Karangan Mas sebanyak 45 KK dengan 140 jiwa, Dusun Adong 1 sebanyak 20 KK dengan 80 jiwa, dan Dusun Adong 2 berjumlah 38 KK dengan 120 jiwa. 
 
Sedangkan kerugian material yang di alami  26 unit rumah terendam di Dusun Karangan Mas,  ada  47 unit rumah di Dusun Adong 1, dan 20 unit rumah terendam di Dusun Adong 2, serta satu unit jembatan beton rusak.
 
Kepala BPBD Kabupaten Landak, Herman Masnur, mengungkapkan pihaknya terus melakukan monitoring langsung di titik banjir, dirinya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana banjir.
 
“Saat ini kami telah melakukan monitoring di daerah terdampak dan di beberapa daerah yang rawan bencana. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan keadaan cuaca saat ini,” kata Herman.
 
Seiring dengan hal itu Bupati Landak, dr.Karolin Margret Natasa, memerintahkan BPBD untuk mengkaji penetapan status Siaga Bencana dengan tinggi muka air rata-rata 40 Cm  – 100 Cm (***)
Sumber : MC
Editor : TangkalNews.com 
 
 




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply