Thursday 25th April 2024

Babinsa Bersama Kades Banying Bahas Fungsi Posko PPKM Skala Mikro

Landak.Tangkalnews– Babinsa Koramil 1201-09/Sengah Temila melaksanakan kegiatan rapat pembahasan fungsi dan pembentukan Posko Satgas PPKM skala mikro di Kantor Desa Banying bersama Kades, Kapuskesmas Sidas dan seluruh perangkat desa Banying, Jumat (18/6/2021).

Dalam hal pembentukan Pos Komando (Posko) PPKM tingkat Desa,  bertujuan untuk melakukan mekanisme koordinasi, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Bahwa Posko PPKM memiliki 4 fungsi, yakni untuk pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung pelaksanaan penanganan Covid 19 di tingkat Desa.

Baca juga:Zidam XII/Tpr Akan Mengsertifikatkan Tanah Milik TNI -AD Di Kantah Kabupaten Sintang

Fungsi pertama, pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas. Fungsi kedua, penanganan yaitu mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT). Fungsi ketiga, Pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Dan fungsi keempat, Pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik. Untuk keanggotaan PPKM terdiri dari Kades sebagai ketua, Sekdes sebagai wakil ketua, perangkat desa sebagai pelaksana, Pol PP, BPBD, Puskesmas setempat, termasuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai mitra pelaksana.

Saat ditemui, Koptu Suhud Babinsa Koramil Sengah Temila mengatakan, PPKM skala mikro kembali diperpanjang oleh Pemerintah Kabupaten Landak dari tanggal 15 kemarin sampai dengan tanggal 28 Juni mendatang. Hal ini dikarenakan belum ada penurunan penyebaran Covid yang signifikan.

Baca juga:Zidam XII/Tpr, Berikan Bantuan Sembako Kepada Lingkungan Komplek Kosgoro Sungai Raya Dalam.

“Diharapkan tim yang tergabung dalam Satgas PPKM skala mikro dapat bekerjasama dengan baik dan maksimal untuk menekan angka penyebaran Covid di Desa Banying ini,” ucap Koptu Suhud.

Sementara itu, Kepala Desa Banying Suparman mengatakan, meskipun warga desa Banying jauh dari perkotaan dan sebagian besar pekerjaannya adalah petani namun bukan tidak mungkin bisa terinfeksi virus Covid, untuk itu dia mengharapkan warga desanya tetap mematuhi protokol kesehatan terutama dalam pemakaian masker dan mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun.

“Saya mengharapkan warga desa saya patuh dan taat kepada perangkat desa baik Kadus dan Ketua RT selaku Tim Satgas PPKM yang menyerukan penegakan protokol kesehatan di tiap dusun agar desa kita terhindar dari penularan virus Covid yang masif sekarang ini,” pesan Suparman.

Penulis:(Mph1201)

Editor:Sumianto

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.