Tahun 2019 BPN Landak Jatahkan Program Kegiatan Redistribusi Tanah Sejumlah 8000 Bidang




                                                          Foto : Kepala BPN kabupaten Landak,Saumurdin,SH

Ngabang,TangkalNews– Pada tahun anggaran 2019 warga masyarakat kabupaten Landak kembal mendapat alokasi proyek dalam bentuk kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)  sebanyak 3850  bidang ,yang merupakan program  andalan presiden  saat ini dengan melalui  Kementerian ATR/Badan Pertanahan Nasional diseluruh Indonesia  yang bertujuan guna memberikan keringanan dalam memperoleh kepastian hukum terhadap status tanah yang dimiliki warga masyarakat dalam bentuk sertifikat tanah serta untuk memberi kemudahan  kepada warga masyarakat  untuk mendapatkan  modal usaha dengan cara   menjaminkan sertifikat tanah  yang dimiliki kepada  lembaga keuangan pemerintah maupun kepada pihak swasta.

Jika tahun 2018   Kabupaten Landak provinsi Kalimantan Barat mendapat jatah program PTSL sebanyak 12.400 bidang

Sedangkan untuk tahun anggaran 2019 kabupaten Landak kembali mendapat alokasi kegiatan PTSL sejumlah 3850 bidang  yang akan diperuntukan  kepada warga  desa Pongok  dan desa Sumsum kecamatan Mandor, Kemudian  untuk desa Mu’un dan desa Amboyo Utara kecamatan Ngabang , untuk warga desa Tempoak kecamatan menjalin, untuk desa Kayu Ara kecamatan Menyuke dan desa Pahauman kecamatan Sengah Temila, sedangkan mengeni besaran bidang yang akan didapat setiap desa belum  diputuskan BPN kabupaten Landak.

Selain itu ada kegiatan sertifikasi lintas sektoral  untuk  pogram Tanah Petani sejumah 400 bidang, kemudian  kegiatan program  Redistribusi tanah   sejumlah 8000 bidang yang akan diperuntukan kepada 13 desa , yaitu untuk desa Nyiin kecamatan Jelimpo ditargetkan 600 bidang.

Dikecamatan Sengah Temila  untuk desa Senakin ditargetkan mendapat 800 bidang, desa  Rabak ditargetkan mendapat 500 bidang, desa Saham  ditargetkan mendapat 700 bidang, dan desa Aur sampuk  ditargetkan mendapat 800 bidang.

Dikecamatan Banyuke Hulu untuk desa Kampet ditargetkan mendapat  550 bidang, desa Padang Pio ditargetkan mendapat  550 bidang, untuk desa Tembawang Bale ditargetkan mendapat 600 bidang dan untuk desa Semade ditargetkan mendapat 500 bidang.

Dikecamatan Menyuke untuk desa Darit ditargetkan mendapat 750 bidang, dan untuk desa Tolok ditargetkan mendapat 200 bidang.

Untuk  desa Pahong  kecamatan Mempawah Hulu ditargetkan mendapat 900 bidang  dan Untuk desa Tanjung Balai kecamatan Kuala Behe  ditargetkan mendapat 550  bidang.

Ada juga Program kegiatan Konsolidasi Tanah  sebanyak 2000 bidang yang diperuntukan untuk warga kecamatan Ngabang  di desa Amoyo Inti, desa Amboyo Selatan ,desa Amboyo Utara  dan desa Temiang Sawi.

Kemudian ada juga program kegiatan inventarisasi penguasaan ,pemilikan ,penggunaan dan pemanfaatan  tanah (IP4T) sebanyak 2000 bidang tanah, sehingga untuk keseluruhan bidang tanah yang akan disertifikatkan  oleh pemerintah  melalui kementerian terkait secara gratis berjumlah 16250 bidang tanah.  Terkait  rincian jumlah  bidang tanah yang akan diperoleh  setiap desa belum diputuskan oleh pihak BPN kabupaten Landak  ungkap  Kepala BPN Kabupaten Landak  Saumurdin ,SH

Lebih lanjut  Saumurdin,SH  mengatakan  bahwa pihaknya saat telah  mulai turun kedesa desa  yang mendapat sasaran program  untuk  melakukan sosialisasi agar  program yang  dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. (To)                

Print Friendly




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply