Penjual Barang Kadaluarsa Tak Pernah Diproses Hukum

                                                                      Foto : Petugas Sedang Melakukan Sidak              

Ngabang TangkalNews –  Kegiatan  Sidak  digelar oleh Bagian Perekonomian dan Energi SDM Setda Landak  melibatkan beberapa OPD  yakni Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, dan Satpol-PP Landak serta dibantu tim dari Kepolisian Resort Kabupaten Landak.

Ruang lingkup pemeriksaan dilakukan  terhadap jenis   makanan ,minuman dan  obat obatan dibeberapa pasar tradisional,Mini Market  dan pasar swalayan  yang berada    di sekitar pusat kota kabupaten Landak yaitu  Ngabang pada Jumat (17/5/2019. Hal ini bertujuan untuk  mengantisipasi peredaran barang yang tidak layak konsumsi karena telah kadaluarsa , kemudian memantau harga sembako, memastikan ketersedian stok sembako disaat menjelang hari raya Idul Fitri  2019 sebab disaat perayaan  hari raya  kwantitas  akan konsumsi barang makanan dan minuman   di pastikan akan meningkat dari  hari  hari biasanya oleh sebab itulah dibutuhkan kecermatan dan ketelitian bagi semua petugas sidak agar  tidak ada produk barang dan  makanan yang lolos dari pantauan, pemeriksaan dari petugas dengan demikian dipastikan produk yang dijual  dapat dijamin aman dan bebas dari resiko  penyakit karena keracunan makanan akibat  telah kadaluarsa sebab dasar hukumnya ada yakni Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen ,demikian dijelaskan   Kabag Perekonomian dan Energi SDM Setda Landak, Silvanus Sudiyanto  lebih lanjut ditegaskannya  “selain itu Untuk memantau   ketersediaan kebutuhan  akan sembako sehingga  kelangkaan akan  barang dapat dicegah, jelas Silvanus.

Sedangkan menurut  Bupati Landak  dr Karolin Margret Natasa mengungkapkan dengan adanya Sidak ini selain bertujuan mengecek harga barang juga untuk mengecek ketersedian barang yang dijual. 

“Kita harus mengecek langsung kelapangan untuk memastikan ketersediaan barang kebutuhan masyarakat apakah tersedia atau tidak,selain itu mengecek harganya apakah sesuai atau tidak, maklum karena biasanya menjelang hari raya harga barang cendrung naik,” ujar Karolin. 

Selain itu menurut Karolin hal yang paling penting adalah melihat masa kadaluarsa barang yang dijual oleh pedagang. Jika ada barang atau makanan kadaluarsa yang masih dijual pedagang maka akan ditindak tegas sesuai ketentuan. 

“Hal paling penting kita juga mengecek masa kadaluarsa barang dan makanan yang dijual apakah sudah lewat masa berlaku atau belum, jika ada barang kadaluarsa maka akan segera kita tarik dari peredaran sesuai ketentuan yang berlaku,” tegas Karolin. 

Petugas Menyita Barang Yang Telah Kadaluarsa

Berdasarkan hasil pantauan media ini ternyata masih ditemukan   barang yang telah expire alias kadaluarsa ditoko toko , pasar swalayan atau  mini market yang  masih tetap tersusun rapi dan masih dijual  oleh pemiliknya. Melihat temuan  seperti itu petugas Sidak pemda Landak   berhasil menyita barang barang yang telah kadaluarsa. Ketika ditanya oleh media, mau diapakan barang  barang yang telah disita tersebut dan sangsi hukum  seperti apa yang akan diterima  oleh pemilik barang tersebut? Sebab sejauh ini di wilayah kabupaten Landak sangat jarang mendengar ada sangsi hukum bagi penjual barang kadaluarsa, padahal makanan , minuman dan obat obatan  yang  expire alias tidak layak konsumsi  bisa  merusak organ tubuh manusia seperti Jantung,ginjal,hati, otak, usus dll. Sebab kejadian    ditemukan nya barang kadaluarsa terus terulang  setiap kali sidak , untuk itu kita  tunggu reaksi para  petugas  yang  berkompeten.(to)      




       

Print Friendly




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply