Friday 25th June 2021

Karena Memiliki Kewarganegaraan Ganda,  Calon Bupati  Sabu Raijua Terpilih Digugat Di MK




Foto:Orient P Riwu Kore Bersama Istri

Sabu Raijua,TangkalNews- Saat sidang sengketa hasil pilkada yang disiarkan secara daring, pada Selasa (23/3/2021), pihak pasangan calon bupati dan wakil bupati Sabu Raijua nomor urut 3 Takem Irianto Radja Pono dan Herman Hegi Radja Haba berharap agar MK memerintahkan adanya pemungutan suara ulang (PSU) dalam Pemilihan Kepala Daerah  Sabu Raijua.




Baca Juga:Wanita Janda Muda Melahirkan Bayi, Setelah Mengaku Tidak Merasa Hamil

Sidang yang digelar saat ini  merupakan  gugatan perkara ketiga , yakni sengketa hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua terpilih yang diajukan ke  MK yaitu terkait status kewarganegaraan Orient Riwu Kore sebagai bupati terpilih.

Baca Juga:40 ASN Pemda Landak Dengan Status PPPK Menerima SK Penempatan

Dua perkara lainnya sudah menjalani sidang pemeriksaan pendahuluan dan mendengarkan keterangan termohon dalam hal ini KPU dan Bawaslu Sabu Raijua dan pihak terkait, yakni Orient Riwu Kore.

Untuk  gugatan perkara ketiga ini, bahwa pihaknya mempermasalahkan ketika dalam Pilkada ternyata bupati terpilih yakni Orient P Riwu Kore memiliki kewarganegaraan ganda yakni sebagai warga negara Indonesia dan sebagai warga negara  Amerika Serikat 

Baca Juga: Tersangka M, Mengkorupsi ADD Rp 400-an Juta Akhirnya Disel Oleh Kajari Landak

“Oleh karenanya wajib untuk  melakukan pemungutan suara ulang pada  pemilihan bupati dan wakil bupati Tahun 2020 lalu,” kata Yafet.

Menurut dia, pemungutan suara ulang itu dilakukan karena ada cacat formal dalam penetapan pasangan Orient P Riwu Kore dan Thobias Uly sebagai calon bupati dan wakil bupati Sabu Raijua nomor urut 2, sehingga wajib dan pantas untuk   didiskualifikasi dari kontestasi Pilkada.

Kendati demikian, Yafet juga menilai tidak tepat jika MK menetapkan pasangan calon peraih suara terbanyak kedua, yakni pasangan calon nomor urut 1 Nikodemus N Rihi Heke dan Yohanis Uly Kale, sebagai pemenang.

Baca Juga:Bupati Landak Akan Melakukan Pelimpahan Sebagian Kewenangan Kepada Camat Di Bidang Administrasi Kependudukan, Pendanaan & Standard Operating Procedure

Oleh karena itu, ia menyarankan adanya proses pemungutan suara ulang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua.

“Dengan hanya melibatkan pasangan calon nomor urut 1, yakni Nikodemus N Rihi Heke dan Yohanis Uly Kale dan pasangan calon nomor urut 3 Takem Irianto Radja Pono dan Herman Hegi Radja Haba,”  harap   Yafet  (Tim)

 




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply