Ada Indikasi Material Jembatan Gantung Tidak Memenuhi Standar Menyebabkan Jembatan Gantung Ambruk

    Foto : Jembatan gantung Sungai Pinoh dalam kondisi ambruk   

Melawi TangkalNews-  Hanya sekitar 2 bulanan Jembatan Gantung di Kecamatan Sokan, kabupaten Melawi , Kalimantan Barat dinyatakan rampung di bangun tiba tiba saja   ambruk  , hal itu terjadi pada  Sabtu (4/1/2020) sekitar pukul 11.lewat  Wib.

Beruntung saja tidak sampai  menelan korban jiwa dalam peristiwa ini, kecuali  akses yang menghubungkan kedua kawasan  tersebut secara otomatis terputus.

Jembatan gantung yang terbentang guna menghubungkan kedua desa tersebut dinyatakan selesai dibangun  mendekati akhir tahun tahun 2019 lalu, dibangun dengan menggunakan dana yang berasal dari APBD kabupaten Melawi tahun 2019  sebesar Rp 950.408.000 dikerjakan oleh  CV Karya Raya selaku perusahaan  pelaksana dan penanggung jawab. 

Keberadaan Jembatan gantung ini  dimaksudkan untuk menghubungkan Desa Sepakat dengan Dusun Kedakal Desa Tanjung Sokan, Sungai Pinoh dengan menggunakan mayoritas material dari kayu dibagai lantai jembatan.   

Yang lebih anehnya lagi keberadaan pembangunan Jembatan gantung ini telah terdaftar dalam Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negri Sintang  akan tetapi masih luput dari pengawasan dari pihak terkait sehingga berakibat kekuatan dan kwalitas  jembatan dimaksud tidak mampu bertahan lama. .

Guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan  kepolisian resor Melawi  telah melakukan pengamanan dengan memasang  garis pembatas polisi (police line) untuk melarang warga melntasi nya demi keamanan dan keselamatan masyarakat.

Terkait  dengan ambruknya jembatan gantung  tersebut seorang warga kepada media ini berharap mesti ada tanggung jawab dinas terkait bersama pelaksana pengerjaan proyek jembatan gantung tersebut. Sebab ada indikasi bahan material yang digunakan berkulaitas rendah serta tidak memenuhi standar yang semestinya (Tim) 

Print Friendly




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply