Tak Ada Jembatan,Pipaninasi Jadi Alat Penyeberangan Siswa SMP.

(Foto:siswa nekat menyeberangi sungai dengan melewati pipanisasi terbuat dari besi)

 

Rabak,TangkalNews-Sungguh menyedihkan sarana dan prasarana yang ada didaerah pedalaman kabupaten Landak provinsi Kalimantan Barat ,bagaimana tidak  karena lantaran di guyur hujan hanya beberapa jam saja  jembatan darurat yang merupakan penghubung  beberapa dusun dusun terkena banjir secara serta merta akan hancur diterjang banjir.

Akibat  hal itu tentu saja  anak-anak  jika beragkat ke sekolah yang berada    di daerah pedalaman  karena tidak ada jalan alternatip maka  jembatan yang sudah roboh pun tetap digunakan juga meskipun arus sungai yang sangat deras.

Dalam hal ini kita hanya bisa pasrah dan berharap kepada pemerintah daerah agar cepat tanggap akan perbaikan jembatan yang permanen,dan hal ini patut menjadi perhatian serius.

Ini lah kisah warga dusun Tatahatn desa Rabak kecamatan Sengah Temila,dimana ketika hendak menyeberang sungai dan saat banjir melanda wilayah mereka,mau-tidak mau warga dusun Tatahatn ini harus melewati pipa aliran air bersih yang terbuat dari besi guna untuk bisa menyeberang.

Mereka berani mempertaruhkan keselamatan nyawa demi mencapai sekolah untuk mengikuti pelajaran,meskipun nyawa taruhannya.

(Foto: Jembatan darurat sebelum roboh di terjang banjir)




Menurut Marya Solani,fenomena jembatan darurat tersebut wajib di respon positif,dan warga yang tinggal di dusun Tatahatn ini sangat berharap memiliki jembatan yang permanen.

“sangat sedih kita melihat nasip mereka ini di saat banjir melanda daerah mereka,dan ketika hendak menyeberang sungai mereka mau tidak mau harus melalui jembatan darurat untuk menuju sekolah,”kata caleg Partai Perindo dapil Landak dua ini.

Tambahnya lagi,”Minggu lalu,saya ada lewat jembatan darurat ini masih ada,namun kemarin ketika saya lewat lagi,jembatannya sudah hancur di terjang derasnya sungai,”pungkasnya.(Sumianto)

 

Print Friendly




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply