Thursday 25th April 2024

Semangat Babinsa Koramil Sengah Temila Dalam Membina dan Membangun Desa

 

 

Landak.Tangkalnews- Kondisi jalan yang rusak parah tidak menyurutkan semangat Sertu Jumangin, Babinsa Koramil 1201-09/Sengah Temila untuk anjangsana ke Desa Rantau Panjang binaannya. Dia sangat memperhatikan dan menyayangi warga desanya, setiap minggu datang mengunjungi desanya yang terletak di bagian selatan Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak. Desa paling ujung yang berbatasan dengan Kabupaten Kubu Raya tepatnya di Kecamatan Kuala Mandor, Jumat (4/6/2021).

Baca juga:Kazidam Perintahkan Denzibang 2 Palangkaraya Edukasi Masyarakat Terapkan Prokes Saat Olah Raga

Komsos sudah menjadi makanan warga desa binaan Sertu Jumangin. Dia selalu membawa bahan kontak untuk warga desanya sebagai oleh-oleh datang berkunjung. Dari kejauhan warga desanya sudah hapal dengan bunyi motor dinasnya dan menyambutnya dengan penuh gembira. Secangkir kopi hangat dan kue sudah pasti ada didekatnya dihidangkan dengan sukacita. Cerita dan keluh kesah warganya didengarnya dengan penuh hikmad. Canda tawa dan senyum menghiasi wajah warga desanya. Kedekatan Sertu Jumangin adalah bentuk keharmonisan Babinsa dan masyarakat dalam pembinaan teritorial.

Letak Desa Rantau Panjang yang berbatasan dengan desa Sungai Segak mempunyai luas 63,8 meter persegi. Bila ingin bepergian ke Ibukota Kabupaten Landak, Ngabang menempuh jarak 94 km dengan kendaraan bermotor. Sedangkan untuk ke Kota Pontianak menempuh jarak 24 km, menggunakan armada kapal kayu di dermaga penyeberangan Sebangki menyusuri sungai dengan kapasitas penumpang 10 orang dan kendaraan roda dua sebanyak 4 buah. Pegawai puskesmas dan guru juga banyak yang berdomisili di Pontianak dan memilih jalan pulang tersebut daripada memutar jauh melewati Desa Aur Sampuk Kecamatan Sengah Temila sampai ke Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah.

Baca juga:Satuan Jajaran Mazidam Yaitu Denzibang 2 Palangkaraya Ajak Masyarakat Bersih Lingkungan

Danramil Sengah Temila, Letda Arm Suwandi mengatakan, Babinsa diharapkan menjadi contoh dan teladan yang baik serta senantiasa aktif turun mengontrol desa binaan agar kegiatan dan kejadian dapat termonitor dengan baik serta dilaporkan dengan cepat.

“Meskipun sarana mobilisasi terbatas dan jarak antar desa yang berjauhan, namun sudah menjadi tugas Babinsa untuk membina desanya dalam kerangka tugas pokok satuan kewilayahan secara berkelanjutan. Koramil Sengah Temila membawahi dua Kecamatan yaitu Sengah Temila dan Sebangki dengan wilayah teritorial yang luas,” tutur Letda Arm Suwandi.

Sementara itu, Kades Rantau Panjang, Muhandis menjelaskan, kehadiran Babinsa di desa adalah bentuk sinergitas dengan pemerintah desa, Babinsa sebagai pengayom dan pembina desa diharapkan selalu hadir ditengah-tengah warga dalam upaya-upaya untuk mengatasi kesulitan masyarakat desa dan pembangunan desa..

Penulis:(Mph1201)

Editor:Sumianto

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.