Thursday 25th April 2024

Personil Polsek dan Babinsa Sengah Temila Dampingi Puskesmas Pahauman Swab PCR 2 Warga

 

 

 

Sengah Temila.Tangkalnews – Untuk menekan penyebaran Covid-19, Personil Polsek Sengah Temila Bripka Hendrikus Rimbun yang juga sebagai Ps Kanit Binmas bersama personil Koramil melakukan pendampingan sekaligus pengamanan pihak Puskesmas Pahauman lakukan Swab PCR (polymerase chain reaction) terhadap dua orang warga yang kontak erat dengan penderita Covid-19. Senin, (14/6/2021)

Kegiatan pengambilan sampel dengan metode Swab PCR ini merupakan tindak lanjut dari adanya penderita yang terkonfirmasi Covid-19.

Baca juga:Kegiatan Rutin,Polsek Sengah Temila Adakan Operasi Yustisi.

Pengambilan sampel spesimen Swab test ini dilakukan di rumah warga di dusun Tumahe Desa Paloan yang diduga kontak erat dengan penderita.

Kapolsek Sengah Temila Ipda Yulianus Van Chanel yang akrab di panggil Chanel mengatakan, pengambilan Sampel spesimen Swab test dilakukan untuk memastikan warga yang kontak erat penderita terpapar Covid-19 atau tidak.

“Test swab dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penularan Covid-19”.

Baca juga:Babinsa Koramil Sengah Temila Dilatih Menjadi Tracer

“Sehingga jika ada hasil yang positif agar perlu penanganan khusus, dan dapat memutus penyebaran covid-19,” terang Ipda Chanel

“Kami sifatnya mendampingi serta memastikan warga yang kontak erat untuk melakukan swab serta isolasi mandiri,” jelas Ipda Chanel

Karena itu masyarakat diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan 5M. Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

Di tempat terpisah,diruang kerjanya, Danramil Sengah Temila Letda Arm Suwandi mengatakan, di daerah pedesaan dan tertinggal, penolakan kerap terjadi karena adanya stigma bagi warga desa bila terjangkit Covid 19 akan menjadi aib dan membuat malu keluarga serta dijauhi oleh warga sekitarnya.

“Ini menjadi tanggung jawab moral bagi kami selaku aparat kewilayahan untuk memberikan pemahaman dan pencerahan kepada warga desa bahwa pengambilan test usap (swab) ini baik dilakukan guna mengetahui kondisi tubuh kita apakah negatif atau positif Corona serta akan lebih baik bila melakukan isolasi mandiri di rumah agar cepat sembuh dan dapat beraktivitas kembali seperti biasa,” ujar Letda Arm Suwandi.

Protokol kesehatan dinilai sebagai cara yang ampuh untuk mencegah penularan Covid-19.(Sumianto)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.