Kata Kajari Landak,Kades Korupsi ADD Akan Di Tindak




Landak, TangkalNewsKita tahu Kepala desa adalah ujung tombak dari pemerintah di unit yang paling terkecil, maka dari itu kades tersebut jangan main – maian dalam menjalankann tupoksinya selaku penyelenggara tugas pemerintahan di tingkat desa.

Dan menyangkut pelaksanaan Anggaran Dana Desa (ADD) yang kerab kali menjadi buah bibir masayarakat, dan hendaknya kades berhati-hati dalam membuat kebijakan dalam mengelola uang Negara tersebut. Salah pengelolaan sedikit maka siap – siaplah masuk penjara.

Sarana dan prasarana dasar itu sangat penting, tapi itu bisa dikomunikasikan karena ada instansi terkait. Jangan sampai mereka (kades) membuat rambat beton, tapi dinas Pekerjaan Umum (PU) juga membuat rambat beton ditempat yang sama, nah itu bisa tumpang tindih. Hal itu yang seharunya dihindari paling tidak desa dapat membuat program pada awal tahun apa – apa yang perlu dilakukan, dan kemudian dipaparkan kepada dinas terkait.
Kajari Landak, Rahmad Purwanto menegaskan,Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4) Daerah Landak mempunyai kewajiban untuk mensukseskan pengelolaan dana Desa yang baik dan benar.

Tim TP4D Kabupaten Landak ini dibentuk atas dasar Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi tahun 2015, Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategi Nasional, Surat Keputusan Jaksa Agung Nomor: KEP-152/A/JA/10/2015 tanggal 1 Oktober 2015, tentang pembentukan TP4D Kejaksaan RI.

“TP4D berpungsi mengawal dan mengawasi penggunaan Dana Desa, Ini pun sudah sesuai dengan Tupoksi, apabila ada penyimpangan tentu tidak akan kita biarkan.dan tentunya Kami juga menggandeng Inspektorat,” katanya.

Tambahnya lagi,”TP4D memiliki tugas dan fungsi untuk mengawal mengamankan dan mendukung keberhasilan pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan preventif dan persuasif. TP4D juga memberikan penerangan hukum di lingkungan instansi pemerintah, BUMN, BUMD. Terkait materi tentang perencanaan, pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, pengawasan pelaksanaan pekerjaan, perizinan, pengadaan barang dan jasa, tertib administrasi dan tertib pengelolaan keuangan Negara,”.(Sumianto)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply