Hingga Tahun 2019 Kabupaten Landak Masih Memiliki 26 Desa Berstatus Sangat Tertinggal

                                                                      Foto : Bupati Landak,dr.Karolin Margret Natasa

 




Landak TangkalNews –Berdasarkan  Keputsan  dirjen PPMD Nomor 52 Tahun 2018 yang ditetapkan pada tanggal 24 Agustus 2018, dan data perhitungan Indeks Desa Membangun (IDM) Konsultan Pendamping Wilayah 3 (KPW3) Kalbar Tahun 2019.

Dari 156 desa yang ada di wilayah Kabupaten Landak ada tiga desa yang naik statusnya menjadi desa Mandiri yaitu Desa Hilir Kantor dan Desa Hilir Tengah di Kecamatan Ngabang, kemudian desa Menjalin di Kecamatan Menjalin.

Selain itu  terdapatnya  ada desa berstatus desa  Maju di Kabupaten Landak dari 2 desa Maju pada 2018 menjadi 8 desa yang naik statusnya menjadi desa Maju pada 2019. Selanjutnya terdapat  jumlah  desa berkembang dari 16 desa berkembang pada 2018 menjadi 20 desa berkembang pada 2019.

Sudah barang tentu dengan berubahnya status beberapa desa di Kabupaten Landak ini maka akan  diikuti berkurangnya desa sangat tertinggal, dari 56 desa Sangat Tertinggal pada 2018 menyisakan 29 desa Sangat Tertinggal di 2019.

Sementara untuk desa dengan status tertinggal mengalami penambahan dari 73 desa tertinggal pada 2018 menjadi 99  desa tertinggal di 2019. Penambahan jumlah desa tertinggal ini disebabkan adanya tambahan dari desa sangat tertinggal yang naik statusnya menjadi Desa Tertinggal.

Saat ini di Kabupaten Landak selain telah memiliki 3 desa Mandiri dan 8 desa Maju, masih ada 20 desa Berkembang, 99 desa Tertinggal, dan 26 desa dengan status Sangat Tertinggal.

Keberhasilan ini merupakan hasil dari kerjasama antar semua pihak dan pendampingan yang terus dilakukan dalam upaya pembangunan desa, serta dukungan pemerintah pusat melaui dana desa yang nilainya terus mengalami peningkatan ujar  Karolin Margret Natasa. (Red)

 

Print Friendly




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply