Guna Pencegahan & Penanganan Akibat Virus Corona Pemda Landak Mere-alokasi Anggaran Rp.20 Miliar




 
Landak TangkalNews – Bentuk keseriusan  bupati Landak  Dokter  Karolin Margret Natasa, dalam mencegah mewabahnya Virus Corona -19  di Kabupaten Landak, telah ditunjukannya dengan berbagai cara , termasuk melakukan penganggaran guna  keperluan  operasional guna memutus rantai penyebaran virus  Corona-19  yang saat ini telah banyak merenggut korban nyawa diberbagai belahan dunia termasuk di Indonesia.
Bahwa untuk melakukan pencegaha terhadap virus yang berbahaya ini pemerintah daerah kabupaten Landak akan merelokasi dana melalui APBD kabupaten Landak   sebesar Rp 20 Miliar, meskipun dalam pembahasan APBD di tahun 2019 yang lalu anggaran tersebut tidak pernah dibahas karena memang kejadian mewabahnya Virus Corona -19  terjadi pada tahun 2020 secara insidentil , sehingga masuk dalam  tanggap darurat bencana nasional 
 

“itulah sebabnya Re-alokasi anggaran dimaksud  diambil dari  Anggaran perjalanan dinas, Biaya pameran ,Biaya rapat , Biaya pameran , Biaya rapat koordinasi. Maka dalam menganggarkan  berpedoman pada instruksi Presiden Republik Indonesia, Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) dan Menteri Keuangan RI,” kata   Karolin.

 
Jadi  mengingat akibat mewabahnya Covid -19 secara nasional yang semakin mencemaskan maka dapat dipastika pemda Landak harus ikut waspada. Oleh sebab itulah kita    perlu uluran tangan dari pemerintah pusat  guna memperoleh dana tambahan untuk penanganan korban akibat virus Corona, minimal  bisa  melakukan pengkajian kembali APBD tahun 2020 yang bakal mengalami defisit.
 
Sementara  dana Rp 20 milyar itu tidak akan cukup karena masih banyak kebutuhan yang akan dipenuhi seperti untuk membiayai posko dan proses rujukan, membiayai pembelian alat kesehatan, tenaga kesehatan dan desinfectan roo, Membeli Alat Pelindung Diri (APD), Biaya tenaga kesehatan yang berada di lapangan untuk mengecek Orang Dalam Pemantauan (ODP) , Rencana pembelian rapid test. Selain itu, juga untuk menyediakan desinfektan room di sarana publik, ,” pungkas  Karolin  Kamis (26/3/20). (****)
 
Sumber ” MC
Editor : TangkalNews.com
 
 
 
 
 
 




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply