Tuesday 28th September 2021

Forum Perkebunan Kelapa Sawit Menolak Keras Kehadiran loading Ramp Yang Berdiri di Luar PKS.




 

 

Parindu.Tangkalnews-Ada beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit dan koperasi yang tergabung dalam Forum Komunikasi Perkebunan dan Koperasi Sawit di Kabupaten Sanggau menggelar pertemuan, di Wisma Jambu Mawar Parindu, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Kamis (10/9/2020).

Sebanyak 49 perusahaan perkebunan kelapa sawit sekabupaten sanggau yang di undang,namun ada beberapa perusahaan yang tidak menghadiri pertemuan tersebut.

Tujuan pertemuan ini terkait penertiban tata niaga Tandan Buah Segar (TBS),mengingat selama ini kehadiran loading ramp yang berdiri di luar PKS kian menjamur dan tidak dibenarkan membeli TBS dari loading ramp dari luar PKS.

Menurut mnager Kebun Parindu PTPN XIII, Jan Purdy Rajagukguk,ia menyampaikan bahwa pada tanggal 1 September 2020 pihaknya telah menggelar rapat koordinasi.

“Acara pertemuan terkait Penertiban Tata Niaga TBS di Kabupaten Sanggau,”kata jan purdy rajagukguk melalui WhatsApp pribadinya.

Dan dalam pertemuan tersebut,disepakati ada bebera poin,di antaranya,Perusahaan kelapa sawit se-Kabupaten Sanggau menolak keras kehadiran loading ramp yang berdiri di luar PKS.Memastikan PKS yang berada di Kabupaten Sanggau menerima TBS melalui kelembagaan petani yang telah dimitrakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Sanggau dan tidak dibenarkan membeli TBS dari loading ramp dari luar PKS.

Dan penerapan Permentan nomor 1 tahun 2018 dan Pergub Kalimantan Barat nomor 63 tahun 2018 dilaksanakan secara konsisten.

Sementara itu, General Manager PT Mitra Austral Sejahtera (PT MAS),Ir Kun Hardadi menyampaikan,ia menghadapi tata niaga sawit yang sebebas-bebasnya saat ini, semua perusahaan perkebunan mengalami dampak yang sangat membahayakan kelangsungan investasi di Kabupaten Sanggau.




Pertanyaannya,apakah pemda kabupaten sanggau mampu menertibkan loading ramp dari luar PKS tersebut,kita tunggu actionya.(Sumianto)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply