Curi Sawit 109 Tandan,Pelaku Di Hukum Adat Oleh PTPN XIII.

 

 




(foto:TBS milil PTPN XIII yang di amankan)

 

NgabangTangkalNews-Tiga pelaku pencurian Tandan Buah Segar (TBS) milik kebun PTPN XIII kecamatan ngabang kabupaten landak ketangkap tangan mencuri di Lahan kebun ngabang dua PTPN XIII,ketiga pelaku tersebut langsung di amankan oleh anggota Pengaman kebun,Asisten,dan anggota Yon Armed ngabang yang kebetulan patroli rutin.(1/10/2019).

Masing-masing peran pelaku tersebut yang berinisial PI dan DO adalah pelakunya dan UL merupakan supir mobil Strada KB 8301 L,mereka tersebut langsung di sidang oleh Asisten kepala (Askep) di kantor sentral kebun milik PTPN XIII,dan Ketiganya mengakui semua perbuatanya mengambil TBS milik kebun PTPN XIII sebanyak 109 tandan dengan menggunakan 1 unit mobil Strada KB 8301 L milik warga pal 20.

Menurut Asisten Kepala (Askep),V.Iyom Saat di dampingi oleh Asisten Humas,Andreas,ia mengatakan kasus pencurian ini langsung diselesaikan melalui jalur hukum Adat,dan langsung di Selesaikan oleh Amen selaku pengurus adat (pasirah) dusun Anyang Desa amboyo selatan kecamatan ngabang kabupaten landak.

“kita sengaja selesaikan jalur hukum adat,hal ini guna untuk epek jera terhadap pelaku ini,dan apa bila ia melakukan pencurian lagi,maka akan di tindak tegas melalui jalur hukum positif,dan jumlah sanksi adat ini sih tidak besar,tapi beban moral yang besar,”kata Iyom.

Iyom juga menegaskan,pihaknya tidak segan-segan melakukan tindakan tegas terhadap pelaku pencurian TBS milik kebun PTPN XIII ini,mengingat selama ini TBS Milik PTPN ini kerap kali di jarah maling.(Sumianto)

Print Friendly




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply