Banjir Bandang Di Desa Mandor Telan 1 Korban Jiwa

 

(foto:banjir di pasar mandor)

Mandor.tangkalnews-Hujan deras yang mengguyur Desa Mandor dari jum’at malam (7/6) hingga Sabtu pagi (8/7) mengakibatkan banjir bandang di seputaran pasar desa Mandor Kecamatan Mandor Kabupaten Landak.

Kapolsek Mandor IPTU Anuar Syarifudin saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa dari informasi masyarakat sekitar pasar mandor bahwa air mulai naik diperkirakan pada pukul 01.00 wib dan pada pagi 04.30 wib rumah yang berada dipasar mandor sudah terendam banjir.

“Diperkirakan ada sekitar 260 rumah yang terendam banjir dengan ketinggian bervariasi dimana rumah yang dekat bataran sungai sekitar 2 meter dan dipasar mandor rata2 tinggi diatas lutut orang dewasa,” ujarnya.

Dijelaskannya bahwa banjir bandang ini mengakibatkan kerugian materi yang diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah dan menelan satu orang korban jiwa yang diduga akibat terbawa derasnya arus air, dimana korban ditemukan di bawah kolong rumah bagian belakang yang terendam banjir.

“Korban banjir bernama Heru yang berumur 19 tahun, islam, yang baru saja menyelesaikan SMA yang beralamat di Desa Mandor, dimana dari keterangan saksi bahwa korban diketahui selesai membersihkan rumahnya dari banjir kemudian mandi bersama – sama berberapa orang saudaranya, saat itu nanda salah satu saudara korban yang ikut mandi melihat korban sedang menyelam namun tidak timbul kemudian dibantu berberapa warga melakukn pencarian dan ditemukan korban sudah dalam keadaan lemas dan dibawa ke puskesmas mandor untuk penanganan medis namun korban tidak dapat diselamatkan dan korban langsung dimakamkan oleh pihak keluarga di pemakaman muslim mandor,” ujar Kapolsek.

Kapolsek menjelaskan saat ini berberapa warga yang rumahnya dekat bantaran sungai mengungsi ditempat yang lebih tinggi seperti di berberapa tempat ibadah, perkantoran serta rumah rumah warga lainnya.

“Air sudah berangsur – angsur surut namun kami tetap menghimbau warga yang tinggal di dekat bantaran / tepi sungai agar sementara tidak kembali kerumahnya karena dikhawatirkan apabila terjadi hujan maka dapat diperkirakan akan terjadi banjir lagi dan saat ini BPBD Kabupaten Landak serta pihak desa Mandor dan unsur muspika menyiapakan posko dimana ditempat tersebut tersedia juga posko kesehatan bagi masyarakat yang terletak di depan kantor Desa Mandor,” terang Kapolsek.




(Sumianto)

Print Friendly




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply