Thursday 25th April 2024

Babinsa Koramil Sengah Temila Jadikan Linmas Desa Pelopor Prokes

 

 

Landak.Tangkalnews – Babinsa Koramil 1201-09/Sengah Temilla mengedukasi para Linmas Desa Keranji Mancal untuk mengajarkan warga cuci tangan dan memakai masker sebagai pelopor penerapan protokol kesehatan di Desa, Selasa (01/05/2021).

Linmas yang sebelumnya Hansip (pertahanan sipil) sejatinya sudah terbentuk sejak dulu, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI (Permendagri) Nomor 84 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat dan Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.

Baca juga:Anggota Zidam XII/TPR Sosialisasikan Penggunaan Masker Kepada Warga Plasma V Dusun Jamai Amboyo Inti

Peran Linmas Kabupaten Landak khususnya di lingkungan Kecamatan Sengah Temila membantu pemerintah desa dalam pengamanan dan penyelesaian masalah desa bersama Timanggong dan Pasirah Desa setempat.

Danramil Sengah Temila Letda Arm Suwandi mengatakan, Babinsa bertugas memberikan pembinaan dan pelatihan dasar disiplin Linmas Desa minimal enam bulan sekali agar membentuk sikap dan perilaku yang baik serta menanamkan rasa tanggung jawab yang tinggi dalam setiap pelaksanaan tugas Linmas.

“Salah satu tugas Binter Koramil adalah melakukan pembinaan kepada unsur pelaksana keamanan desa Satlinmas. Materi yang diberikan berupa Pengetahuan Pancasila, UUD 1945, wawasan kebangsaan, latihan baris-berbaris, pengibaran bendera, latihan fisik dan bela diri. Dimasa pandemi ini kami mengajarkan dan mengedukasi Linmas Desa sebagai Pelopor Prokes,” papar Danramil.

Baca juga:Hubungan Erat Petani dan Babinsa, Ciptakan Kemanunggalan TNI dan Rakyat

Di Kantor Desa Keranji Mancal, Kepala Desa Selsius, mengatakan, pemerintah desa dan Babinsa saling berinteraksi dan bekerja sama memberdayakan fungsi Linmas dalam pengamanan kegiatan desa seperti pembagian BLT DD, Bansos, penanganan bencana dan penyelesaian masalah antar warga desa melalui kebijakan Kepala Desa.

Penulis:(Mph1201)

Editor:Sumianto

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.