Akibat Tertimbun Tanah Longsor ,Seorang Pekerja Tewas

 




(foto:tanah longsor yang mengakibatkan pekerja pengambil tanah tewas di tempat)

Mempawah Hulu TangkalNews– Jum’at (9/8) diareal pengerukan  tanah kuning oleh warga yang berada di dusun Sakek desa Sampuro Kecamatan Mempawah Hulu kabupate Landak, kalbar  telah terjadi tanah longsor yang mengakibatkan salah seorang pekerja yang sedang bekerja tertimpa tanah  hingga  tewas.

Berikut Kronologis kejadian nya, Sekitar pukul 09.00 wib,  setelah setengah truk terisi tanah kuning oleh  ketujuh  pekerja langsng saja melakukan istirahat sambil  makan pagi  dibawah tebing  areal tanah  kuning, Sehingga  tiba tiba saja  berselang lima menit tanah yang berasal dari atas tebing langsung  longsor dan menimbum semua para pekerja. dengan  tenaga yang dimilki masing masing pekerja berusaha untuk mengeluarkan diri dari tumpukan  tanah tersebut.

Baca Juga : Rumah-tempat-tinggal-bumardi-hancur-berantakan-karena-tertimpa-pohon-besar

Kemudian  beberapa pekerja  yang  mampu  meloloskan diri segera  melaporkan kejadian tersebut kepada warga lain dan petugas untuk meminta pertolongan. Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat sekitar  pukul  09.15 wib, Kapolsek Mempawah Hulu beserta Anggota dan Anggota koramil 07 Karangan dibantu warga melakukan evakuasi para korban, dengan menggnakan alat seadanya seperti cangkul dan lain sebagainya

Pada jam 10.00 wib tim selesai melakukan evakuasi dan seluruh korban di bawa ke puskesmas karangan untuk mendapatkan tindakan medis. Namun  akibatdari  kejadian tersebut terdapat satu korban meninggal dunia, Ropina (55) tahun, tertimbun longsoran tanah dan pekerja yang lainnya mengalami luka luka.

Baca Juga : 40-rumah-warga-didesa-tempoak-kecamatan-menjalin-tergenang-banjir

Untuk korban yang tewas tersebut berasal dari warga dusun Nganso Desa Pahokng Kecamatan Mempawah Hulu. Kemudian  korban yang dirujuk ke RS. Bengkayang ,atas nama Titus  warga  Darit kecamtan Menyuke kabupaten Landak .Sedangkan untuk ke 5  perkerja lainnya diperbolehkan untuk istirahat dirumah.

Kapolsek Mempawah Hulu Ipda Zulianto  membenarkan kejadian musibah tersebut ,  maka untuk korban meninggal sudah dibawa kerumah duka di Dusun Nganso Desa Pahokng.

Baca Juga : Rumah-tempat-tinggal-bumardi-hancur-berantakan-karena-tertimpa-pohon-besar

“Korban meninggal dunia langsung dibawa ke kediamannya di Dusun nganso Desa Pahokng dengan menggunakan ambulan puskesmas karangan dan didampingi Anggota Polsek, Korban yang luka dirujuk ke RS. Bengkayang langsung sementara lima pekerja lainnya diperbolehkan pulang kerumah.” Terangnya

Kapolsek juga berpesan kepada masyarakat agar selalu memperhatikan keselamatan saat bekerja seperti ini, karena tanah yang ada diwilayah mempawah Hulu rata rata  sangat rentan terjadinya longsor.

Sumber : Humas Polsek  Mempawah Hulu 

Edit  Oleh :  Sumianto 

 

Print Friendly




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply