Agar Memiliki Mutu,PKS Ngabang Akan Olah TBS Yang Memenuhi Kriteria.




(foto:Edi Sentosa manajer PTPN XIII PKS ngabang)

Ngabang.tangkalnews-Setelah sekian lama tak beroperasi,kini PKS milik PTPN XIII ngabang ini beroperasi kembali untuk mengolah TBS.

Hal ini di ungkapkan oleh Manajer PTPN XIII PKS ngabang,Edi Sentosa.ia menjelaskan pabriknya mulai mengolah lagi tentunya pihaknya akan mengolah buah yang memenuhi kriteria.TBS yang memenuhi syarat dan dapat di olah pabrik adalah buah yang betul-betul matang dan bersih dari kotoran lain.

Untuk mengetahui kualitas dari TBS yang baik merupakan sebagai salah satu parameter yang akan mempengaruhi rendemen / OER (rendemen ekstraksi minyak) di pabrik, dan kualitas minyak yang akan dihasilkan.

“PKS ngabang akan menerima TBS sesuai dengan kriteria,TBS telah matang,berat tandan minimal 4 Kg,tangkai panjang minimal 2 CM,TBS bebas dari sampah,pasir,tanah dan benda lainnya,sedangkan buah busuk dan buah mentah akan di kembalikan,”kata Edi Sentosa ini.

Tambahnya lagi,”seperti yang di ketahui,PKS Ngabang saat ini bekerja sama dengan PT NMA dengan sistem KSO atau Kerja Sama Oprasional,dan dalam hal ini untuk Pengelola pabrik tetap PTPN XIII dan karyawannya dari PTPN XIII,PT.NMA hanya mengawasi kegiatan prosesing selama aktivitas berlangsung,”pungkas edi dengan ramah.

Edi Sentosa juga mengatakan,selain membeli TBS milik Kebun inti,TBS milik KUD,juga pihaknya membeli TBS milik swadaya.




Dan menyangkut bentuk pembayaran TBS,dalam hal ini PT NMA secaraa tunai yang membayar harga TBS ini di kasir PT NMA yang berada di kantor PKS ngabang.(Sumianto)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply