Perjalanan Singkat Karir Politik Bupati Bengkayang Hingga Ditangkap KPK

                                      Foto: Suryadman Gidot menggunakan baju rompi warna Orange sebagai tersangka

 

Bengkayang  TangkalNews-Suryadman Gidot,Mpd  bupati kabupaten  Bengkayang , Kalimantan Barat yang terjaring  OTT pada Selasa (3/9/2019) oleh  KPK , sehingga  menjadi   tersangka kasus suap pekerjaan proyek pada Dinas PUPR di kabupaten yang dipimpinnya , ternyata memiliki  rekam jejak singkat sehingga berhasil  melanggeng  di puncak kekuasaan sebagai orang nomor satu di  kabupaten Bengkayang. 

Baca Juga :Bupati-bengkayang-terkena-ott-kpk-ternyata-memiliki-harta-kekayaan-rp-3-miliar-lebih

Bupati Bengkayang , Suryadman Gidot  ditetapkan sebagai tersangka  diperkuat dengan berhasil disitanya  barang bukti uang ratusan juta rupiah saat OTT berlangsung tersebut,  bersama enam orang lainnya juga ditetapkan sebagai tersangka.

Berikut ini profil Suryadman Gidot sebelum menjadi Bupati Bengkayang yang  dirangkum  media ini berdasarkan fakta fakta yang diperoleh




Baca Juga :Bupati-bengkayang-resmi-menjadi-tersangka-dalam-ott-kpk

1. Seorang Guru hingga menjadi Bupati

Suryadman Gidot  awalnya mengabdikan dirinya sebagai guru honorer dan kepala sekolah  dibeberapa  sekolah swasta yang ada diBengkayang ,ketika Bengkayang masih  dibawah naungan pemerintahan kota  singkawang sampai dengan Bengkayang menjadi kabupaten yang definitip.

Baca Juga:Bupati-bengkayang-alexius-disangkakan-sebagai-penerima-suap-oleh-kpk

seiring dengan perjalanan waktu  maka  Suryadman Gidot  mendaftarkan diri untuk  memasuki dunia poliik sehingga terpilih sebagai anggota DPRD kabupaten Bengkayang untuk periode  2004-2009 

Meskipun baru satu tahun sebagai wakil rakyat Suryadman Gidot langsung  mencalonkan diri sebagai wakil bupati guna mendampingi Drs Jacobus Luna sebagai bupati  pada  periode 2005 -2010  dengan dipiih secara tertutup oleh anggota DPRD  kabupaten Bengkayang. Dalam pemilihan tersebut  pasangan Drs Yakobus Luna – Suryadman Gidot,Spd  berhasil terpilih  sebagai Bupati dan Wakil Bupati bengkayang masa  jabatan 2005-2010.

Baca Juga :Bupati-bengkayang-tertangkap-kpk-di-mess-pemda

Kemudian Suryadman Gidot kembali melanjutkan karir politiknya dalam Pilkada 2010 dengan menggandeng Agustinus Naon , untuk maju menjadi calon Bupati dan Wakil  bupati Bengkayang yang dipilih langsung oleh rakyat .Dalam pemilihan tersebut pasangan ini terplih  untuk masa jabatan periode 2010- 2015 , kemudian untuk masa jabatan 2016 -2021  Suryadman Gidot terpilih kembali sebagai Bupat kabupaten  Bengkayang. 

Baca Juga :Suryadman-gidot-mpd-cs-terkena-ott-kpk

2. Tersangka Dililit  Kasus Dugaan Suap Proyek Pemkab

Namun kini nasip  Suryadman Gidot  sedang  apes besar karena pasalnya  apa yang telah  dilakukannya    selama ini rapi dan licin ternyata keburu  terendus  oleh aparat anti rasuah dinegeri ini, dimana  KPK melalui operasi tangkap tangan telah menciduk Suryadman Gidot karena diduga  telah merugikan rakyat  demi  kepentingan pribadi ,kelompok maupun golongan tertentu atas nama  jabatan dengan barang bukti uang suap Rp. 340 Juta  dari sejumlah pihak swasta lewat Kepala Dinas PUPR Bengkayang Alexius.  (To)

Print Friendly




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply