Imigrasi Entikong Bentuk TIMPORA.

Entikong,TangkalNews-Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) merupakan Amanat Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 yang salah satu pasalnya memberikan kewenangan kepada Kantor Imigrasi untuk mengeluarkan Surat Keputusan Tim PORA.

Untuk itu,kepala Kantor Imigrasi kelas II entikong mengatakan bahwaTimpora merupakan amanah dari UU No.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian sebagaimana tercantum pada pasal 69 ayat 1 yang berbunyi “Untuk melakukan pengawasan Keimigrasian terhadap  kegiatan Orang Asing di Wilayah Indonesia”.

“kita punya wewenang mengawasi orang asing di wilayah kerja kita sesuai  amanah undang-undang,”ujar Herri Prihatin, S.H., M.Si. di sela-sela rapat.

Dan adapun Maksud dan tujuan diadakan Rapat Tim Pengawasan orang Asing  (TIM PORA) adalah agar dapat bertukar informasi antara sesama anggota TIM PORA dan dapat melakukan operasi pengawasan bersama anggota TIM PORA serta meningkatkan penegakan Hukum Keimigrasian.

Selasa (27 Maret 2018) Kantor Imigrasi Kelas II Entikong telah melakukan kegiatan Rapat Tim pengawasan Orang Asing (TIMPORA) dengan dihadiri oleh instansi terkait seperti dari unsur TNI, Polri, Beacukai, Karantina, P4TKI, BNPP PLBN Entikong dan Pemda membahas isu-isu Aktual mengenai Orang Asing dan kegiatannya di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Entikong.

Keberadaan Tim Pengawasan Orang Asing sebagai wadah tukar menukar informasi sangatlah penting. Karena di satu sisi, kehadiran Orang Asing baik sebagai tenaga kerja maupun sebagai investor ataupun wisatawan yang datang dari mancanegara memang diperlukan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengembangan daerah sesuai dengan azas keimigrasian selektif policy, namun dari sisi lain dampak negatif harus dicermati bersama.(Sumianto)

 

 

Print Friendly




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply