Masa Tenang,Petugas Sat Pol PP Tertibkan Spanduk Dan Bendera Parpol.

 

(foto:petugas satpol PP membuka bendera partai yang masih terpasang di desa keranji mancal)

 

Landak.tangkalnews-Memasuki masa tenang jelang hari pemungutan suara Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Landak melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK), Minggu (14/4).

Dalam penertiban itupun Bawaslu bekerja sama dengan Sat Pol PP Landak. Sebelum dilakukan penertiban, terlebih dahulu dilakukan apel bersama yang berlangsung di markas Satpol PP Landak. Hadir dalam apel tersebut, Plt Kasatpol PP Landak, Yonas, dua Komisioner Bawaslu Landak, Lomon dan Theresia Masyono Ursus serta personel Satpol PP yang terlibat dalam penertiban.

Menurut Komisioner Bawaslu Landak, Lomon mengatakan, sebelum melakukan penertiban APK tersebut, Bawaslu Landak sudah berkoordinasi dengan para pihak terkait seperti Satpol PP, kepolisian dan KPU Landak.

(foto:satpol PP buka bendera partai di masa tenang)

Peserta pemilu harus mematuhi dan membantu proses penurunan alat peraga.Dan Menurutnya Bawaslu dan Panwaslu dapat mengawasi proses penurunan tersebut.Lomon juga mengatakan, sebelumnya Bawaslu Landak juga sudah memerintahkan kepada peserta Pemilu untuk menertibkan APK secara sendiri melalui surat.

“Saya berharap rekan-rekan Panwascam sudah mulai melakukan penertiban APK mulai hari ini, sehingga APK dan bahan kampanye sudah bisa ditertibkan disetiap kecamatan dan harus bersih, ” tegas lomon.

Dan ditambahkan Komisioner Bawaslu Landak lainnya, Theresia Masyono Ursus mengatakan, penertiban APK tersebut sudah diatur dalam UU No. 7 tahun 2017 Pasal 275, 276, 278, 289 dan Pasal 492.

“Dalam Pasal 289 disebutkan bahwa APK Pemilu sudah harus dibersihkan oleh peserta Pemilu paling lambat tiga hari menjelang pemungutan suara, ” terang mantan Komisioner KPU Landak dan KPU Kalbar ini.

Menurut warga desa keranji mancal,Tinus,ia mengatakan Peserta pemilu ini harus tahu juga bahwa alat peraga ini memang sudah waktunya diturunkan,mengingat pada masa tenang sudah di mulai.




“Peserta pemilu seharus siap membuka APK yang pernah di pasang mereka sebelumnya,pasalnya saat ini sudah memasuki masa tenang,”Kata tinus ini.(Sumianto)

Print Friendly




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply