China Semakin Berani Mengatakan Perairan Natuna Adalah Miliknya




Jakarta, TangkalNews – Meskipun berbagai langkah persuasip  telah dilakukan oleh pihak  TNI angkatan laut agar  Coast Guard China segera meninggalkan wilayah perairan ZEE milik Indonesia   akan tetapi  nampaknya  sikap  pemilik  armada  Coast Guard China  di perairan Natuna  Utara provinsi kepulauan Riau  tetap tidak bergeming.  
Seperti komunikasai  yang berhasil  terekam dalam video dokumentasi milik Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I

Bahwa pihak  Coast Guard China  dengan santainya berkomunikasi dalam  bahasa Indonesia  dengan KRI Tjiptadi-381 agar  pihak  TNI AL tidak boleh  mengganggu aktivitas yang mereka klaim sebagai ‘kegiatan resmi diwilayah mereka.’

“Kami melaksanakan tugas resmi dalam zona Chinese yang sebagai kawasan zona Chinese. Jangan menghambat kegiatanku,” demikian pernyataan pihak kapal Coast Guard China .

Pihak TNI AL kemudian membalas pernyataan itu dengan menggunakan bahasa Inggris yang pada intinya meminta pihak China menjauh dari perairan Laut Natuna Utara. Namun pihak kapal Coast Guard kembali menjawabnya. Kali ini menggunakan bahasa China dan Indonesia sekaligus.

” Kita sedang melaksanakan tugas resmi dalam zona Chinese yang sebagai kawasan zona regional Chinese. Jangan menghambat kegiatanku,” kata pihak Coast Guard China lagi.

Bakamla sebelumnya telah mengetahui kalau  China kembali mengirimkan dua kapal Coast Guard ke perairan Natuna Utara. Padahal sebelumnya sudah ada tiga kapal Coast Guard, dua di antaranya bertahan di perairan Natuna Utara.

Tak diketahui pasti pengiriman dua kapal Coast Guard itu sebagai pergantian atau penambahan kekuatan.

Yang jelas Indonesia juga tak tinggal diam. Bakamla menyatakan telah mengirimkan tambahan armadanya ke Natuna Utara.

terkait hal itu pihakj TNI AU  langsung  mengirim empat unit jet tempur F-16 untuk ke wilayah perairan Natuna Utara untuk membantu pengamanan serta menjaga kemungkinan terburuk akan terjadi.(Tim)

 

 

 

 

Print Friendly




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply